Program dan Menu Latihan Persib selama Ramadan

  Kamis, 02 Mei 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya.

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Jajaran pelatih Persib Bandung mulai merumuskan sederet menu hingga program latihan yang akan dijalani skuat Maung Bandung selama bulan suci Ramadan.

Untuk adaptasi, pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya menyebut tidak akan banyak kendala dalam mempersiapkan tim menghadapi awal kompetisi di bulan Ramadan. Pasalnya, menurut Yaya, para pemain hampir sudah terbiasa menghadapi pertandingan di bulan suci. 

"Untuk di bulan suci karena kita tahu 15 Mei akan digelar liga, start. Artinya untuk adaptasi kita sudah sampaikan ke coach di bulan Ramadan untuk training baik, waktu yang tepat untuk latihan," ungkap Yaya di Saraga ITB, Kamis (2/5/2019).

AYO BACA : 5 Film Marvel yang Ditunggu Setelah Avengers: Endgame

Hanya saja, Yaya menyebut memang dibutuhkan adaptasi bagi Supardi cs untuk menyesuaikan intensitas latihan. Namun Yaya menuturkan, adaptasi yang dijalani pemain tidak akan terlalu signifikan, lantaran para pemain hanya perlu beradaptasi untuk perpindahan waktu latihan dari pagi menjadi sore atau malam hari.

"Adaptasi kita akan sosialisasi atau adaptasi lagi sama pemain. Biasanya kadang waktu (adaptasi) aja harus jadi yang diskusikan dengan pemain, karena kita tahu setelah salat Isya kita ada tarawih," lanjutnya.

Maklum, musim ini bukan kali pertama kompetisi digelar pada bulan puasa hanya saja memang baru kali ini periode awal kompetisi langsung digelar pada Ramadan. Biasanya kompetisi berhadapan dengan bulan puasa saat memasuki periode pertengahan atau akhir. 

AYO BACA : Soal Adisomad: Klarifikasi Andre Taulany dan Tanggapan Ustaz Adi Hidayat

"Kita ambil sisi positif, tapi untuk intensitas latihan, program latihan, akan kita persiapan. Kita sudah masuk ke taktik, latihan maintance, karena kita ada liga tanggal 15 Mei," kata Yaya.

Meski demikian untuk intensitas latihan, Yaya mengaku, intensitas latihan tidak akan langsung tinggi. Pasalnya butuh beberapa hari untuk meningkatkan intensitas latihan di bulan puasa. Terlebih kondisi tubuh para pemain sebagain besar harus beradaptasi setelah menjalani ibadah puasa. 

Kendati begitu, Yaya tak risau, sebab saat ini Pangeram Biru memiliki waktu lebih kurang 13 hari persiapan sebelum memulai kompetisi yang akan bergulir pada 15 Mei mendatang.  

"Intensitas masih adaptasi kita masih punya waktu 13 hari. Artinya ketika start latihan di bulan puasa kita tidak bisa langsung meningkat, mungkin di tanggal 7 Mei baru progres itu sudah mulai naik," ujarnya.

AYO BACA : Pesan Wali Kota Bandung di Peringatan Hari Pendidikan Nasional

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar