Harga Bahan Pokok di KBB Relatif Aman dan Stabil

  Selasa, 30 April 2019   Faqih Rohman Syafei
Bahan pokok di Pasar Tradisional. (Ayobandung.com)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM--Kurang dari seminggu menjelang bulan Ramadan, sejumlah harga bahan pokok di Kabupaten Bandung Barat dipastikan tidak mengalami lonjakan harga yang signifikan. Jika kenaikan harga tidak terkendali operasi pasar akan digelar.

"Jika memang harganya sudah naik tidak terkendali hingga meresahkan masyarakat, Satgas Pangan akan turun untuk menstabilkan harga," ujar Kadisperindag KBB, Maman Sulaiman, Selasa (30/4/2019).

AYO BACA : Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih dan Merah di Jabar Melonjak

Maman menyebutkan hingga saat ini harga kebutuhan pokok di beberapa pasar di KBB masih relatif stabil, tidak menunjukan trend kenaikan yang signifikan. Jikapun, sambungnya pada beberapa waktu terakhir mengalami kenaikan itu pun masih diambang batas wajar.

"Kalau ada kenaikan harga bahan pokok menjelang Ramadhan itu karena siklus tahunan saja. Sehingga tidak membuat masyarakat resah harganya naik masih relatif naiknya," katanya.

AYO BACA : Operasi Pasar Murah Jabar 2019 Digelar Mulai 13 Mei

Dia mengatakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan, dipastikan ketersediaan stok bahan pokok tidak akan mengalami kekurangan. Pihaknya pun, terus memantau beberapa pasar tradisional di KBB agar semuanya aman.

"Kami pantau terus harga dan stok bahan pokok di pasar-pasar, dan perkembangan harga terpantau dan terus dilaporkan oleh UPT pasar secara online. Sehingga semua terpantau, dan tahun harga naik dan turunnya," terangnya.

Menurutnya, operasi pasar digelar bila harga bahan pokok naik secara tidak wajar atau tidak terkendali. Sehingga menimbulkan gejolak di masyarakat, kata Maman pihaknya menjadwalkan akan menggelar operasi pasar pertengahan Ramadan.

"Kami akan operasi pasar rencanya nanti pertengahan Ramadhan di tiga wilayah Cipapat, Cipeundeuy dan Cikalong Wetan. Tapi sampai sekarang masih aman saja," katanya.

Ditambahkannya, beberapa harga bahan pokok diantaranya, telur di Pasar Cililin dan Batujajar Rp25.000/kg, sedangkan Pasar Padalarang dan Lembang Rp24.000/kg. Lalu harga beras di Pasar Padalarang, Batujajar, dan Lembang Rp12.500/kg, berneda di Pasar Cililin Rp12.000/kg.

AYO BACA : Satgas Pangan Jabar Telusuri Penyebab Lonjakan Harga Bawang Putih

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar