Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih dan Merah di Jabar Melonjak

  Selasa, 30 April 2019   Nur Khansa Ranawati
Kepala Satuan Tugas Pangan Jawa Barat Syam Budi saat melangsungkan sidak ke Pasar Kosambi, Selasa (30/4/2019). (Istimewa)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Memasuki Ramadan dan Hari Raya Idulfitri tahun ini, harga bawang merah dan bawang putih di pasar Jawa Barat, khususnya Kota Bandung, melonjak naik. Dari harga acuan Rp32.000 per kg, saat ini di sejumlah pasar tradisional dan supermarket ditemukan lonjakan harga hingga mencapai Rp50.000 per kg.

Hal tersebut disampaikan Kepala Satuan Tugas Pangan Jawa Barat Syam Budi saat melangsungkan sidak ke Pasar Kosambi, Pasar Sederhana, dan Yogya Supermarket jalan Sunda Kota Bandung, Selasa (30/4/2019).

Sidak tersebut juga melibatkan Divisi Regional Bulog Jabar, Kementrian Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, hingga Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). 

AYO BACA : Tekan Lonjakan Harga, Pemkot Bandung Gelar Bazar Sembako Murah

"Untuk bawang putih ada kelonjakan sampai Rp55.000 per kg. Acuannya sebenarnya itu Rp32.000 per kg. Kemudian bawang merah ada kelonjakan sampai Rp50.000 per kg," ungkapnya di Pasar Baru, Selasa (30/4/2019).

Dia mengatakan, kisaran harga tersebut didapat dari dua pasar di Kota Bandung yang memiliki segmentasi menengah ke atas. Pun pasokan bawah merah dan bawang putih di pasar tersebut diambil dari Pasar Induk Caringin yang harga dua komoditi tersebut sudah dipatok tinggi.

"Memang Pasar Baru ini hampir sama dengan Pasar Kosambi, untuk menengah ke atas, sehingga di atas harga-harga pasar tradisional lainnya. Ini memang mengambilnya dari Pasar Caringin yang memang harganya sudah tinggi," jelasnya.

AYO BACA : Harga Cabai Rawit di Purwakarta Capai Rp60.000/kg, Ini Jawaban UPTD Pasar

Meski demikian, harga bahan pokok seperti daging, telur, dan beras masih terpantau berada di batas normal. Hal tersebut juga disampaikan Sekretaris Bappebti Kemedag Nusa Eka saat dijumpai selepas rapat koordinasi kebutuhan pokok jelang HKBN di Bank Indonesia selepas sidak.

"Kalau melihat dari hasil kunjungan ke pasar dan supermarket, harga-harga relatif stabil. Daging ayam dan telur ada sedikit kenaikan di Pasar Baru, tetapi di supermarket lebih murah. Yang mengalami kenaikan signifikan adalah bawang putih dan bawang merah," jelasnya.

Dia mengatakan, untuk bawang putih, tren kenaikan tersebut juga terjadi di skala nasional.

"Kemendag sudah turun di seluruh Indonesia, bawang putih secara nasional kondisinya sama," jelasnya. 

AYO BACA : Harga Bawang Putih dan Bawang Merah di Cirebon Naik, Ini Daftarnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar