Operasi Pasar Murah Jabar 2019 Digelar Mulai 13 Mei

  Selasa, 30 April 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi operasi pasar murah. (Istimewa)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasaran menjelang Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 2019, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun ini kembali menggelar Operasi Pasar Murah. Pasar tersebut akan digelar di 27 kabupaten/kota se-Jabar secara serentak.

Sekretaris Daerah Jabar, Iwa Karniwa mengatakan, Pemprov Jabar telah mengalokasikan anggaran senilai Rp20 miliar untuk penyelenggaraan pasar murah tahun ini. Operasi Pasar Murah ini juga diandalkan salah satunya untuk menekan angka inflasi.

AYO BACA : Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Digelar 5 Mei

"Pemprov Jabar akan melakukan langkah operasi pasar (murah) dengan anggaran Rp 20 miliar lebih. (Harapannya) sehingga inflasi bisa kita kendalikan," jelas Iwa ketika ditemui selepas menghadiri Rapat Koordinasi Bahan kebutuhan Pokok jelang hari Besar Keagaamaan Nasional di Bank Indonesia Bandung, Selasa (30/4/2019).

Operasi Pasar Murah ini nantinya akan dilakukan selama 2 minggu lebih, yakni mulai dari 13 Mei hingga 28 Mei. "Khususnya ini untuk rumah tangga miskin di 27 kabupaten/kota pada 13 Mei sampai 28 Mei 2019 secara serentak," jelasnya.

AYO BACA : Pawai Obor, Ajak Anak Gembira Sambut Ramadan

Barang-barang pokok yang akan tersedia nantinya meliputi beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam negeri, daging ayam dan sapi. Operasi ini salah satunya dilaksanakan bekerja sama dengan Bulog Divisi Regional Jabar.

Pada 2018, operasi serupa telah berhasil menyerap anggaran senilai Rp19.3 miliar. Bahan pokok murah yang dijual dialokasikan untuk 233 ribu rumah tangga miskin se-Jabar. Tahun ini, diharapkan penyerapan lebih besar dari sebelumnya.

"Tahun ini diharapkan penyerapan mencapai Rp19,8 miliar kepada rumah tangga miskin yang diusulkan oleh kabupaten/kota. Semoga lebih banyak lagi subsidi yang dapat kita berikan pada keluarga rumah tangga miskin se-Jabar," jelasnya.

Sementara itu, ditemui dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, Muhammad Arifin mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan para PD Pasar agar Operasi Pasar Murah dapat diselenggarakan dengan lebih maksimal.

"Nanti akan koordinasi dengan direksi PD Pasar, jadinya akan ada satu kios yang dikerjasamakan yang menjual bahan pokok murah," jelasnya.

AYO BACA : Polisi Akan Patroli, Antisipasi Penimbunan Bahan Pokok Jelang Ramadan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar