Pemkab Bandung Waspadai Penimbunan Bahan Pokok Jelang Ramadan

  Selasa, 23 April 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM—Pemerintah Kabupaten Bandung mewaspadai penimbunan bahan pokok mejelang Ramdan dan Idulfitri.

Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Bandung Marlan mengatakan, berdasarkan hitungan Perum Bulog dan Statistik, stok pangan masih aman sampai Idulfitri.

AYO BACA : Tekan Lonjakan Harga, Pemkot Bandung Gelar Bazar Sembako Murah

Namun, saat Ramadan dan Idulfitri harga bahan pokok termasuk pangan selalu mengalami kenaikan karena masalah permintaan dan ketersediaan barang.

"Stok pangan hasil hitungan bulog dan statistik aman sampai lebaran. Yang menjadi persoalan itu di tata niaga, sering ada penimbunan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu," tutur Marlan, Selasa (23/4/2019).

AYO BACA : Harga Bawang Putih dan Bawang Merah di Cirebon Naik, Ini Daftarnya

Dalam mencegah terjadinya penimbunan bahan pokok menjelang Ramadan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Statgas Pangab Polres Bandung.

"Kami akan koordinasi dengan Satgas Pangan Polres untuk melakukan pengecekan ke pasar-pasar atau gudang-gudang distributor untuk mencegah adanya penimbunan bahan pokok jelang Ramadan ini," ujarnya.

Marlan melanjutkan, selain mewaspadai adanya penimbunan bahan pokok, pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk melakukan penyetabilan harga jika mengalami kenaikan signifikan.

"Dari bulog maupun Dinas Indag sudah siap melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga jika mengalami kenaikan," tutupnya.

AYO BACA : Panen Massal, Harga Gabah Kering Turun

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar