H-2 Pemilu, KPU Kota Cirebon Kekurangan Logistik

  Senin, 15 April 2019   Erika Lia
Sebagian logistik Pemilu 2019 di gudang logistik KPU Kota Cirebon di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, didistribusikan. Otoritas pemilu setempat masih alami kekurangan logistik, salah satunya surat suara pengganti untuk DPD RI. (Erika Lia/ayocirebon).

CIREBON, AYOBANDUNG.COM--Dua hari jelang pencoblosan (H-2), logistik pemilu di Kota Cirebon masih kekurangan surat suara pengganti yang rusak untuk DPD RI.

Setelah proses sortir dan lipat (sorlip), dari 1,2 juta lembar surat suara yang diterima KPU Kota Cirebon, setidaknya 1% atau 12 ribu lembar surat suara rusak. Kerusakan terjadi pada kelima varian surat suara.

"Sampai sekarang surat suara DPD RI untuk menggantikan surat suara rusak belum kami terima," ucap Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi, Senin (15/4/2019).

Sebelumnya, KPU Kota Cirebon dijanjikan menerima surat suara pengganti paling lambat pada H-3. Namun, surat suara pengganti yang mereka terima baru empat varian, sedangkan satu varian berupa surat suara pemilihan DPD RI belum diterima pihaknya.

Disebutkan, jumlah surat suara pengganti untuk DPD RI mencapai 1.086 lembar. Rencananya, pihaknya langsung mendatangi percetakan surat suara di Kudus, Jawa Tengah.

Pihaknya bahkan akan 'menumpang' ke KPU Indramayu yang berencana pula mendatangi percetakan yang sama pada hari ini. Dia mengungkapkan, KPU Indramayu juga mengalami hal serupa pada surat suara DPD RI.

Tak hanya surat suara pengganti untuk pemilihan DPD RI, KPU Kota Cirebon juga diketahui belum menerima formulir C3 atau formulir untuk pendamping pemilih. Sementara, untuk formulir C7 atau formulir DPT baru diterima Senin ini.

"Formulir C7 baru sampai di gudang logistik KPU Kota Cirebon pukul 09.30 WIB hari ini. Itu pun setelah dijemput langsung seorang staf KPU Kota Cirebon ke Bandung," terangnya.

Kekurangan logistik itu, diakuinya, menyebabkan pengiriman ke PPK terhambat. Sedianya, pendistribusian logistik ke PPK dilakukan H-4. Namun, hingga H-2 baru dua kecamatan yang terdistribusi, masing-masing Kejaksan dan Lemahwungkuk, itu pun belum lengkap.

Meski begitu, dia meyakinkan, pelaksanaan pemilu di Kota Cirebon berjalan baik dan lancar. Pihaknya akan berusaha mencari jalan keluar dari sejumlah kekurangan yang ada sekarang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar