20 Tahun Tinggal di Ethiopia, Savitri Tetap Nyoblos Demi Indonesia

  Senin, 15 April 2019   Fira Nursyabani
Savitri Ari Ernaningtyas bersama dua anaknya di KBRI Addis Ababa, Ethiopia, Sabtu (13/4/2019). (Dok KBRI Addis Ababa)

ADDIS ABABA, AYOBANDUNG.COM -- 20 tahun sudah Savitri Ari Ernaningtyas menetap di Ethiopia yang ada di benua Afrika. Meski negara itu sudah melekat dihidupnya, Warga Negara Indonesia (WNI) ini tetap menyempatkan diri untuk ikut meramaikan pesta demokrasi Indonesia dengan mendatangi tempat Kotak Suara Keliling (KSK) di kota Hawassa untuk memberikan suara pada Pemilu 2019.

AYO BACA : 7.500 WNI Ikut Mencoblos di Inggris dan Irlandia

“Saya datang memberikan suara saya di tempat kotak suara keliling, tidak saja karena itu menjadi hak demokrasi saya, juga karena saya cinta dan rindu Indonesia. Saya ingin Indonesia bertambah maju”, kata Savitri kepada Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti ,dan Uni Afrika, Sabtu (13/4/2019)) di Hawassa, yang berpenduduk 400.000 jiwa dan terletak 275 km selatan kota Addis Ababa, ibu kota Ethiopia.

AYO BACA : Indonesia dan Arab Saudi Sepakat Gelar Pertemuan Rutin Setahun Sekali

Menurut keterangan dari KBRI Addis Ababa, Savitri yang memiliki dua orang putra dari suami warga negara Ethiopia, adalah WNI yang paling lama bermukim di Ethiopia, negara berpenduduk 108 juta dan terbesar kedua di Afrika.

“Saya bertemu dengan suami saya di Yogyakarta tahun 1986, ketika sama-sama kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM). Setelah kami menikah, tahun 1999 kami pindah dan sama-sama bekerja di Ethiopia”, kenang Savitri.

Savitri mengaku sering merasa rindu kepada Indonesia. Namun selama 20 tahun bermukim di Ethiopia, Savitri baru satu kali pulang ke Indonesia, itupun 10 tahun yang lalu. “Setiap kali saya merasa rindu dengan Indonesia, saya selalu mendengarkan lagu-lagu Indonesia yang saya sukai. Saya punya banyak koleksi lagu Indonesia. Lagu adalah pengobat rasa rindu saya kepada Indonesia”, jelasnya.

AYO BACA : Dijemput PPLN Singapura, Ani Yudhoyono Berikan Suara di RS

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar