Pemicu Gangguan Facebook, Instagram, dan Whatsapp Belum Diketahui

  Minggu, 14 April 2019   Hengky Sulaksono
Ilustrasi

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Tiga platform media sosial raksasa, Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami gangguan layanan. Ketiga platform yang berada di bawah naungan Facebook tersebut tak bisa diakses pada Minggu (14/4/2109) petang.

Gangguan terhadap ketiga platform ini tak cuma terjadi di tanah air. Dilaporkan sejumlah media internasional, gangguan juga terjadi de berbagai belahan dunia lainnya.

"Facebook, Instagram, dan WhatsApp semuanya mengalami masalah di seluruh dunia pagi ini. Facebook dan Instagram keduanya tidak dapat diakses, dengan feed berita tak bisa direfresh dan domain utama facebook.com  tidak tersedia. Pesan WhatsApp tidak bisa dikirim atau diterima, dan pengguna layanan utama Facebook (Facebook memiliki Instagram dan WhatsApp) telah beralih ke Twitter untuk menceritakan masalah ini," tulis The Verge.

The Verge juga menulis bahwa masalah yang terjadi kali ini hanya berjarak satu bulan setelah Facebook mengalami gangguan terburuk sepanjang sejarahnya. Facebook, WhatsApp, dan Instagram semuanya tidak dapat diakses selama berjam-jam bulan lalu.

Saat itu, tidak sampai lebih dari 24 jam kemudian Facebook akhirnya memberikan keterangan terkait gangguan yang terjadi. Saat itu Facebook menyalahkan "perubahan konfigurasi server," dan meminta maaf atas gangguan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar