Disperidag KBB Pastikan Stok Pangan Jelang Puasa Aman

  Jumat, 12 April 2019   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi pasar. (Irfan Al-Faritsi/ayobandung)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Menjelang bulan ramadan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat memastikan stok pangan aman.

Kepala Seksi Meterologi dan Bina Usaha Diperindag KBB, Suwandy, mengatakan untuk stok pangan di wilayah KBB relatif aman. Tetapi beberapa komoditi pangan mengalami kenaikan dalam batas acuan harga. 

"Kalau dilihat dari stabilitas harga stok pasti aman jelang bulan puasa tahun ini," ujarnya, Jumat (12/4/2019).

Dia menyebutkan untuk harga beras di pasaran masih normal berkisar Rp9.500 - 10.000 perkilo, daging sapi Rp80.000 - 110.000 perkilo, lalu telur ayam Rp23.000 perkilo. Sedangkan harga daging ayam sekarang sedang anjlok diharga Rp25.000 - 30.000 perkilonya. 

Ia menambahkan, komoditi yang mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni bawang merah. Di pasar Lembang, Padalarang dan Batujajar harga menyentuh Rp40.000 perkilogram.

"Hampir seluruhnya kalau bawang merah naik, dari harga acuannya Rp32.000 sekarang sudah melambung ke Rp40.000 sekilonya," katanya. 

Suwandy menjelaskan pihaknya belum bisa memastikan penyebab kenaikan harga bawang merah, tetapi bisa saja disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti cuaca dan jarak.

"Bawang merah kan ini diambilnya dari luar daerah, bisa juga karena cuaca atau jarak juga tapi kami belum bisa memastikan faktor apa yang paling berpengaruh," jelasnya.

Ditambahkannya jika harga komiditi pangan di pasaran merangkak naik, pihaknya akan melakukan operasi pasar untuk menekan harga.

"H-7 lah kalau harga terus merangkak naik, kami akan turun ke lapangan lakukan operasi pasar dan mengkondisikan barang tersebut minimal stok aman," pungkasnya.
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar