Warga Diminta Tidak Panik dengan Kemunculan Air Terjun di Dinding Kawah Galunggung

  Jumat, 29 Maret 2019   Irpan Wahab Muslim
Aliran air terjun dari dinding Kawah Gunung Galunggung (Irpan Wahab/ayobandung)

TASIK, AYOBANDUNG.COM -- Kemunculan aliran air dari dinding Kawah Gunung Galunggung sempat membuat masyarakat Tasikmalaya heboh dan khawatir. Aliran air keluar sangat deras menuju kawah Galunggung.

Kepala Pos Pengamatan Gunungapi Galunggung Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Gradita Trihadi, mengatakan kemunculan aliran air dari dinding kawah sudah terjadi sejak longsoran dinding kawah yang terjadi tahun 2017 lalu.

"Jadi aliran air itu sudah ada sejak longsoran, meskipun debitnya kecil. Tapi kalau kemarin kelihatan sangat deras karena curah hujan di puncak Galunggung cukup tinggi, " papar Gradita yang ditemui diikantornya, Jumat (29/3/2019).

AYO BACA : Warga Dihebohkan dengan Air Terjun yang Muncul di Dinding Kawah Gunung Galunggung

Aliran air itu, lanjut Gradita, berasal dari kawah guntur yang berada di atas tebing Galunggung. Kemungkinan, di kawah Guntur terdapat mata air. Aliran air itu, lanjut Gradita, tidak sampai mengganggu aktivitas Galunggung. Status Galunggung pun saat ini masih normal.

"Tidak, tidak merubah status sama sekali, karena kan itu mengalirnya ke arah kawah Galunggung. Sejauh ini status Galunggung masih normal. Tetapi kami mengimbau kepada warga untuk tidak mendekat ke Kawah karena hawatir ada longsoran, " pungkas Gradita.

Ditambahkan Gradita, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tidak mempercayai adanya kabar di media sosial yang menyebut status Galunggung meningkat.

"Saya tegaskan disini, bahwa status Galunggung tidak ada perubahan tetap normal. Aliran sungai itu tidak berpengaruh terhadap Status Galunggung, " pungkas Gradita. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar