Berita Pilihan: Air Terjun di Gunung Galunggung Hebohkan Warga Hingga IKEA Bandung Resmi Dibangun

  Jumat, 29 Maret 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi berita pilihan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Redaksi ayobandung.com telah merangkum berita-berita pilihan yang terbit pada Kamis (28/3/2019). Warga Tasikmalaya dihebohkan dengan kemunculan aliran air mirip air terjun yang keluar dari tebing kawah Galunggung di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

Selain itu, IKEA Indonesia meresmikan pembangunan Toko IKEA Bandung di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat.

 

Berikut berita selengkapnya:

Warga Dihebohkan dengan Air Terjun yang Muncul di Dinding Kawah Gunung Galunggung

Warga Tasikmalaya dihebohkan dengan kemunculan aliran air mirip air terjun yang keluar dari tebing kawah Galunggung di Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (28/3/2019) sore.  Bahkan, video kemunculan air air tebih itu sudah menyebar luas dari aplikasi chating dan Facebook.

Fahmi Muzaki, salah satu warga Kecamatan Sukaratu mengatakan, kemunculan air dari tebing di kawah Galunggung terlihat sore hari saat cuaca disekitar Galunggung mendung. Melihat fenomena tersebut warga heboh dan ada sebagian warga yang mengadikan dengan handphone.

"Sudah tiga hari ini hujan terus mengguyur wilayah Sukaratu dan sekitarnya. Kami juga kaget dengan kemunculan itu. Makannya sekarang warga merasa khawatir dan mempertanyakan fenomena tersebut, " kata Fahmi melalui sambungan telepon.

Dari kejauhan, lanjut Fahmi, aliran air dari tebing kawah Galunggung terlihat sangat jelas seperti benang putih. Warga khawatir hal tersebut menimbulkan air kawah meluap dan banjir.

"Warga khawatir jika terus menerus hujan, aliran air semakin besar dan mambuat air di kawah ikut bertambah debitnya. Begitu juga dengan air di sungai Cibanjaran dan Cikunir juga ikut membesar, " papar Fahmi.

Sementara itu, kepala Pos Pengamatan Gunungapi Galunggung Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Gradita Trihadi melalui sambungan telepon mengakui adanya aliran air yang turun dari tebing barat daya. Aliran air itu sudah lama terjadi, hal ini diprediksi terjadi adanya penggerusan dinding oleh aliran air kawah Guntur yang berada diatas dinding.

"Sebetulnya aliran air dari atas sana sudah berlangsung dari dulu, cuman saat ini debit air lebih besar dikarenakan musim hujan, " papar Gradita.

Ditanyakan apakah akan kemungkinan berdampak ke pemukiman, Gradita mengatakan sangat kecil. Tetapi pihaknya mengimbau kepada warga untuk tidak turun ke kawah karena potensi longsor cukup tinggi.

"Air yang mengalir itu tidak langsung masuk ke sungai Cikunir dan Cibanjaran tapi masuk ke area kawah Galunggung, " pungkas Gradita.

 

IKEA Bandung Resmi Dibangun di Kota Baru Parahyangan

IKEA Indonesia meresmikan pembangunan Toko IKEA Bandung di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (28/3/2019). Toko ini menjadi toko IKEA Indonesia pertama di luar Jakarta.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Patrik Lindvall mengatakan, toko IKEA Bandung dibangun di atas lahan seluas 4,4 hektare dengan luas banguan 35.000 meter persegi. Pembangunan toko ini direncanakan selesai dan dibuka pada akhir tahun 2020.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kedubes Swedia dan semua pihak yang terlibat khususnya masyarakat Bandung atas dukungan pembangunan toko IKEA Bandung," ujarnya, Kamis (28/3/2019).

Disebutkannya, hadirnya IKEA Bandung mampu menyerap sekitar 400 peluang kerja baru. Selain itu, guna mendukung produk lokal, pihaknya akan mengadakan pameran produk UKM lokal di IKEA Bandung sehingga dapat dikenal oleh para pelanggan. 

"Kami menawarkan inspirasi dan solusi untuk kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi masyarakat Bandung. Mulai dari desain, fungsi, kualitas, dan juga harga yang terjangkau," katanya. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengharapkan keberadaan IKEA Bandung mampu mendongkrak produk domestik regional bruto (PDRB) serta akselerasi ekonomi Kabupaten Bandung Barat dan Jawa Barat. Dia juga mengusulkan kepada IKEA Bandung untuk membuat tempat khusus untuk produk UKM lokal. 

"IKEA ini dilihatnya sebagai partner untuk membantu UKM lokal justru bangkit, kalau produknya bagus bisa dijual di sini juga. Karena sudah diwajibkan sekian persen dari luasnya itu untuk produk UKM Jawa Barat," sebutnya.

Orang nomor satu di Jawa Barat itu menyarankan IKEA Indonesia membuka cabang di di Kota Baru Parahyangan karena tempatnya dinilai strategis. Hal ini karena Kota Baru Parahyangan merupakan persimpangan dari Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya.

"Saya sarankan karena memang strategis ada dibelokan antara Jakarta dan Bandung, dan cuma 500 meter dari pintu tol. IKEA sejarahnya selalu memilih luar kota bukam dalam kota, ini kategorinya begitu," ungkapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar