Dukcapil Bakal Tandatangani Akta Kelahiran dan sebagainya Secara Elektronik

  Senin, 11 Februari 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Kabar gembira bagi warga Kota Bandung. Mulai tahun 2019 ini dokumen kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) bakal ditandatangani secara elektronik. Karenanya, hal ini akan memudahkan warga memperoleh dokumen tersebut. Dokumen-dokumen tersebut antara lain akta kelahiran, akta kematian, surat keterangan pindah datang, dan kartu keluarga. 

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Dukcapil mengeluarkan terobosan ini. Tanda tangan elektronik yang dibubuhkan nantinya berupa kode batang (barcode) yang akan sangat sulit untuk dipalsukan. 

AYO BACA : Tahun Depan, di KBB Daftar Akta Cukup Buka Android

"Kami sudah siap dengan kebijakan baru tersebut. Karena sarana dan prasarana sudah disiapkan pemerintah pusat," ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kota Bandung Popong W. Nuraenim, Senin (11/2/2019), seperti dalam keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com.

Untuk penerapannya, kata dia, masih harus menunggu undangan dari pemerintah pusat untuk mengambil spesimen tanda tangan miliknya. Setelah itu, baru akan mulai diterapkan di Kota Bandung.

AYO BACA : Pemkot Bandung Luncurkan Kartu Identitas Anak dan Akta Kelahiran Braille

"Nanti alatnya, akunnya, dan password-nya saya sendiri yang pegang. Sudah tidak mungkin ada lagi pemalsuan tanda tangan KK atau yang lainnya," sambungnya. 

Jika diterapkan, Popong memastikan pelayanan pembuatan dokumen-dokumen tersebut akan bisa lebih cepat dan mudah. Tidak hanya bagi Disdukcapil, terlebih bagi masyarakat. 

"Di mana pun saya bisa bekerja dengan itu. Tidak menunggu datang ke kantor untuk tanda tangan. Istilahnya mau sambil gogoleran juga bisa. Pelayanan bisa tetap berlangsung meski saya tidak sedang berada di kantor," tuturnya.

Dalam sehari, Popong biasanya menandatangani berbagai jenis dokumen tersebut sampai 3.500 lembar per hari. Kalau misalnya ada dinas ke luar kota selama tiga hari saja bisa menumpuk sampai 10.000 lembar. 

"Kalau dengan tanda tangan elektronik kan bisa sangat memudahkan saya dan terutama masyarakat. Tidak usah nunggu sampai saya pulang kalau sedang bertugas di luar kota," katanya.

AYO BACA : Negara Bagian Georgia Izinkan Pencantuman Nama 'Allah' dalam Akta Kelahiran Anak

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar