Taman Topi Akan Jadi Alun-alun Kota Bogor

  Senin, 11 Februari 2019   Husnul Khatimah
Salah satu spot Taman Topi yang akan dijadikan Alun-alun Kota Bogor. (Husnul Khatimah/Ayobandung.com)

BOGOR TENGAH, AYOBANDUNG.COM--Taman legendaris di Kota Bogor, Taman Topi akan jadi Alun-alun Kota Bogor. Hal ini sedang direncakan oleh Pemerintah Kota Bogor bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Pertamanan Disperumkim Kota Bogor Agus Gunawan mengatakan, wacana pembangunan Alun-alun Kota Bogor di Taman Topi dikemukakan oleh Pemprov Jabar melalui program pembangunan alun-alun.

"Taman Topi akan dibangun alun-alun dari provinsi karena itu bantuan provinsi karena provinsi ada program pembangunan alun-alun," ujar Agus ditemui di kantornya, Senin (11/2/2019).

Dia mengatakan, Taman Topi dipilih untuk dibangun menjadi Alun-alun Kota Bogor lantaran cukup luas dan letaknya strategis di pusat Kota Bogor.

AYO BACA : Jurus Bima Arya Terapkan Diet Kantong Plastik di Kota Bogor

"Target tahun ini DED selesai, sementara pembangunan tahun 2020 dimulai, kalau anggarannya cukup, tahun 2020 sudah selesai tapi kalau DED-nya besar bisa dibagi dua tahap pembangunan tahun 2020 dan 2021 jadi lihat DED dulu intinya," kata Agus

Sementara itu, konsep pembangunan alun-alun yang direncanakan, saat ini tengah dibahas oleh Pemkot Bogor bersama Pemprov Jabar. Sebelumnya, Pemkot Bogor sendiri telah merencanakan Taman Topi untuk direvitalisasi menjadi kawasan terintegrasi.

"Sebelum ada wacana alun-alun dari provinsi mengemuka kita sudah membuat perencanaan buat penataan yaitu memadukan antara bangunan-bangunan stasiun Bogor, Masjid Agung. Taman Topi ini sudah direncanakan sama kita dibuat sedemikian rupa sebagai tempat rekreasi tempat berkumpul dan tiba-tiba dari provinsi muncul program pembangunan alun-alun. Nah, ini harus diselaraskan," kata Agus.

Pemprov Jabar sendiri, sambung Agus, memiliki konsep bahwa taman dengan luas 1,7 hektare tersebut dibangun menjadi alun-alun yang memiliki hamparan lapangan rumput yang luas seperti alun-alun di Yogyakarta. Menurutnya, konsep yang dimiliki Pemprov tersebut diharapkan bisa dikolaborasikan dengan konsep yang telah direncanakan Pemkot Bogor.

"Kalau menurut mereka yang namanya alun-alun seperti lapangan terbuka seperti yang kita lihat di Jogja lapangan terbuka luas tapi diharapkan konsep yang direncanakan provinsi itu selaras dengan apa yang kita rencanakan," terangnya.

AYO BACA : Angka Perceraian di Kota Bogor Turun

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar