5 Menu Campuran Buah yang Sehat untuk Sarapan

  Minggu, 13 Januari 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM---Acapkali di pagi hari, perut kita terasa belum siap menerima makanan yang berat untuk dicerna. Beberapa memilih mengkonsumsi sereal, atau bahkan hanya secangkir teh panas. Padahal, tubuh pun butuh asupan gizi dan nutrisi sejak pagi hari.

Untuk itu, dilansir dari Boldsky, Minggu (13/1/2019), berikut alternatif pengganti makanan sarapan di pagi hari dengan campuran buah yang dapat menyehatkan : 

1. Ceri, Nanas, dan Blueberry
Ceri kaya akan fitonutrien, termasuk anthocyanin yang memiliki manfaat anti-inflamasi yang meredakan rasa sakit dan membantu pemulihan otot. Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang menurunkan peradangan usus dan merangsang pencernaan protein. Blueberry sarat dengan antioksidan. Mengkonsumsi buah-buahan ini secara teratur dapat merevitalisasi kesehatan tubuh.

2. Semangka, Lemon dan Goji Berry
Semangka memiliki kandungan detoksifikasi utama yang disebut glutathione. Ini juga merupakan sumber likopen yang baik yang melawan radikal bebas. Goji berry dikemas dengan antioksidan, kolin dan zat besi yang dibutuhkan oleh hati untuk detoksifikasi. Lemon juga merupakan detoksifikasi yang kuat dan memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Peras lemon di atas semangka dan goji berry, dan Anda sudah dapat menikmati khasiat ketiganya dalam sekali makan. 

3. Stroberi, Kiwi, dan Jeruk Bali
Buah-buahan ini adalah sumber vitamin C yang sangat baik, dan mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Mengkonsumsi kiwi, jeruk bali dan stroberi akan mencegah pengaruh buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.

4. Pepaya, Blackberry dan Blewah
Pepaya kaya akan antioksidan dan mengandung enzim yang disebut papain untuk mencegah kerusakan kulit. Blewah mengandung beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Gunanya adalah untuk menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Sementara, blackberry adalah buah yang rendah gula, juga dikemas dengan antioksidan seperti vitamin A dan vitamin C. Mengkonsumsi kombinasi buah-buahan ini setiap hari akan memberi Anda kulit yang bercahaya.

5. Delima, Anggur Merah Dan Tin/Ara
Di antara buah-buahan, buah delima diketahui mengandung jumlah antioksidan yang paling tinggi yang dapat mengembalikan keutuhan kulit yang rusak akibat radikan bebas. Sementara itu, anggur merah mengandung resveratrol yang memiliki sifat antioksidan dan anti penuaan dini yang kuat. Sehingga, anggur merah dinilai mampu mencegah penyakit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Buah tin kering atau buah ara kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, besi, tembaga, dan kalsium dan vitamin seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin K.

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar