5 Webtoon Indonesia Genre Fantasi Terbaik

  Kamis, 10 Januari 2019   Adi Ginanjar Maulana
Webtoon Genre Fantasi

Dalam artikel sebelumnya, ”5 Webtoon Genre Drama Pilihan”, dibahas 5 Webtoon bergenre drama yang layak dibaca. Berikut adalah daftar 5 Webtoon bergenre fantasi yang layak dibaca.

Sampai sekitar 2-3 tahun lalu, Webtoon bergenre fantasi berada di puncaknya. Fantasi hampir selalu merajai top 5 Webtoon Indonesia.

Mungkin salah satu faktornya adalah karena genre ini paling populer di Korea dan saat itu genre romantis belum terlalu populer. Waktu itu juga kebanyakan komik-komik bergenre fantasi setiap hari update. Ini juga yang membuat para pembaca semangat karena tidak usah menunggu lama.

Namun seiring bertambahnya pembaca dan beragamnya pilihan, Webtoon bergenre fantasi perlahan-lahan mulai kehilangan panggungnya. Bukan jadi sedikit pembacanya, tapi memang para pembaca Indonesia punya favorit sendiri yaitu Webtoon bergenre romantis.

Kurangnya jumlah likes dan comment juga menjadi salah satu faktor yang membuat genre ini sudah lama tidak merajai top 5 di Webtoon Indonesia.

Kendati Webtoon bergenre fantasi tidak setenar genre lain, tapi bukan berarti genre ini kehilangan para pembaca setianya. Terbukti dari jumlah pembaca yang saat ini masih banyak. Jelas, Webtoon bergenre fantasi ini masih punya spot spesial di hati para pembacanya.

Berikut adalah 5 Webtoon bergenre fantasi yang bisa direkomendasikan. Masing-masing, ”Noblesse”, ”Dice”, ”Tower of God”, ”Nano List”, dan ”The God of High School”.

Dari lima judul Webtoon tersebut, satu di antaranya sudah tamat. Kelimanya termasuk ke dalam Webtoon dengan episode panjang. Selain ”Nano List” yang masih 140 episode, keempat lainnya sudah terbit antara 200-500 episode.

Berikut daftarnya, akan diurutkan berdasarkan rating tertinggi sampai terendah.

1. Noblesse

Siapa yang tidak tahu Webtoon Legend ini? Dengan 32 juta pembaca di Indonesia dan rating tertinggi yaitu 9,88, ”Noblesse”adalah raja di genre fantasi.

Pertama kali terbit tanggal 30 Desember 2007, manhwa yang ditulis oleh Jeho Son dan digambar oleh Kwangsu Lee ini total terbit hingga 543 episode.

Protagonis Webtoon ini adalah Cadis Etrama Di Raziel atau yang kerap dipanggil Rai. Rai adalah vampir termulia (tapi amatir dalam hubungan sosial) sudah tertidur selama 820 tahun. Rai punya pelayan setia yang sering menggila yang bernama Frankenstein. Saat Rai akhirnya bangun dan ingin menjalani kehidupan normalnya, sebuah organisasi bernama Union menganggunya.

Tidak hanya vampir dan manusia, tentu di komik ini juga ada Werewolf. Pertarungan antara 3 bangsa berbeda memperebutkan takhta dan kekuasaan. Tentu persahabatan, cinta, bahkan humor, semuanya juga lengkap disajikan dalam komik ini.

AYO BACA : 5 Webtoon Genre Drama Pilihan

Sudah 11 tahun sejak pertama kali ”Noblesse” rilis, versi Inggris komik ini sudah tamat. Karena membludaknya antusiasme para pembaca dari seluruh dunia, pada tahun 2015 dan 2016 akhirnya ”Noblesse” diadaptasi menjadi sebuah animasi dengan judul ”Noblesse: Awakening”. Kedua penulisnya pun merilis selingan/tambahan cerita utamanya atau yang biasa disebut Spin-off. Ceritanya sudah tamat dengan jumlah 10 episode.

2. Tower of God

Jika Anda penggemar berat genre fantasi, Anda tidak mungkin tidak pernah mendengar tentang Webtoon ini. Hanya beda tipis 1 poin dengan ”Noblesse”, ”Tower of God” menjadi salah satu Webtoon legend terfavorit dengan rating 9,87.

Sudah terbit sebanyak 410 episode dengan pembaca sebanyak 9,8 juta komik karya SIU ini berada di urutan kedua dengan pembaca terbanyak di genre fantasi.

Webtoon ini berkisah tentang harta, kuasa, dan dendam. Settingnya adalah sebuah tower misterius yang mesti didaki untuk mencapai puncaknya, tempat segala yang diimpikan tersedia. Protagonis Webtoon ini, yakni Bam, sebetulnya tak punya niatan mendaki menara itu.

Bam cukup bahagia bisa berdua dengan Rachel di dasar menara. Namun ketika Rachel meninggalkannya untuk mendaki menara, Bam pun mengejarnya.

Bagi Bam, Rachel adalah orang yang sangat berarti dalam hidupnya. Bam ingin tahu alasan Rachel meninggalkannya demi mendaki menara.

Rachel sendiri mengaku ingin naik ke puncak menara untuk melihat bintang-bintang di langit malam di atas menara dan bertekad untuk mencapai itu dengan segala cara. Bahkan mungkin dengan cara mengkhianati Bam.

Selama dalam perjalanan mendaki menara inilah segala cobaan dan ujian dihadapi, baik oleh Bam maupun oleh Rachel.

3. Nano List

Webtoon karya Songa Min yang baru terbit sebanyak 141 episode ini adalah komik terpendek dari keempat Webtoon lainnya.  Namun dengan pembaca 3,6 juta dan rating 9,80, ”Nano List” jelas Webtoon bergenre fantasi yang tak boleh diremehkan.

Jika plot Webtoon genre fantasi biasanya mainstream, yaitu tentang semua orang yang memperebutkan satu keinginan/kekuatan yang dapat mengabulkan apapun di dunia, ”Nano List” punya cerita yang agak berbeda.

Webtoon ini berkisah tentang Dohwa Ahn, kakak perempuan Dojin Ahn yang  tewas bunuh diri. Ia meninggalkan tabungan yang cukup untuk keperluan hidup dan pendidikan adiknya itu. Ah iya, ia juga meninggalkan selembar surat.

“Aku meninggalkan hadiah terakhir untukmu sebagai rasa bersalahku- ya, akan kuberikan di hari ulang tahunmu saat kamu sudah SMA. Akan kukirim ke rumah dengan pita besar seperti layaknya hadiah. Dirawat baik-baik ya.”

AYO BACA : 7 Webtoon Recommended dari Berbagai Genre dan Bahasa

5 tahun kemudian, tepat pukul 00.00 saat Dojin berulang tahun hadiah itu akhirnya datang. Tentu saja jika itu kado biasa, tidak mungkin dia datang sendiri dan bahkan bisa memencet bel.

Dohwa Ahn tentu tidak bilang jika hadiahnya adalah seorang robot pembunuh bernama Nano.

4. The God of High School

Webtoon yang sering disingkat menjadi GOH ini terbit sepekan sekali di hari Ahad. Punya 9,3 juta pembaca, tentu Webtoon ini termasuk salah satu Webtoon legend. Webtoon ini juga sudah terbit sebanyak 391 episode.

Sama dengan genre fantasi lainnya, GOH juga bercerita tentang turnamen untuk mencari anak SMA paling tangguh yang tentu saja pemenangnya berhak mendapatkan apapun yang dia mau.

Tentu saja mereka bukan anak SMA biasa. Pertarungannya pun tidak asal-asalan. Kekuatan untuk membelah ratusan pohon dalam sekali tiupan angin, meminjam kekuatan para dewa, membuat tiruan sendiri, Yongje Park, authornya, membuat plotnya sangat menarik dan penuh intrik.

Jika Anda suka action dan kekuatan supranatural seperti kekuatan para dewa, Webtoon ini layak untuk dibaca.

5. Dice

Komik karya Hyunseok Yun ini juga termasuk salah satu Webtoon legend yang punya 7 juta pembaca setia. Dengan rating 9,74 komik ini pantas menyandang gelar top 5 genre fantasi.

Webtoon bercerita tentang seorang bocah bernama Dong Tae yang jelek, pendek, selalu diganggu, dan jadi pesuruh di antara teman-temannya. Dia selalu merasa hidup tidak adil baginya apalagi jika melihat teman sebangkunya, yang bernama Tae Bin.

Tae Bin adalah sosok yang pintar, tampan, jago olah raga, jago berantem, berprestasi, punya pacar yang cantik, dan jadi idola di antara teman-temannya.

Bagaimana jika kita bisa menggunakan kekuatan dadu misterius untuk memulai kembali hidup? Seperti meng-upgrade fisik, menaikan kecepatan, memperkuat kekuatan, sampai meningkatkan kemampuan otak, maukah Anda menggulirkan dadu tersebut?

Komik ini memiliki ilustrasi yang sangat bagus, dengan jalan cerita yang tidak kalah menarik juga. Tentu saja tema yang disampaikan berupa kekuatan dan kekuasaan. Hingga kini ”Dice” masih update seminggu sekali tiap hari Senin.

Kaija Sekar Sabitah

Blogger, Pembaca Webtoon

AYO BACA : Salsabilla, Tunarungu dari ITB yang Buat Komik Sendiri

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar