Berita Pilihan: Hujan Datang, Bandung Pasti Banjir

  Selasa, 13 November 2018   Dadi Haryadi
(Ilustrasi Ayobandung.com)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM--Seperti sebuah tradisi, musim hujan selalu menimbulkan bencana di Kabupaten Bandung. Sejumlah ruas jalan terendam banjir, sehingga menganggu aktivitas masyarakat. Begitu juga ratusan warga harus mengungsi karena rumahnya kebanjiran.

Pantauan, Senin (12/11/2018) siang, banjir merendam jalan Raya Daeyuhkolot-Banjaran, tepatnya di Pasar Dayeuhkolot dan SPBU Baleendah. Di lokasi tersebut banjir merendam jalan dengan ketinggian antara 10 sentimeter sampai 25 sentimeter.

Di Jalan Anggadireja, banjir merendam jalan dengan ketinggian kira-kira satu meter. Kondisi serupa juga terlihat di Jalan Andir-Bojongmalaka. Banjir merendam jalan tersebut dengan ketinggian mencapai satu meter.

Di Kecamatan Bojongsoang, banjir merendam Jalan Raya Bojongsoang-Ciparay tepatnya di jembatan Citarum, Kampung Cijagra, dengan ketinggian kira-kira 30 sentimeter.

AYO BACA : Banjir Kabupaten Bandung: Ribuan Rumah Warga Kembali Terendam

Walaupun terendam banjir, Jalan Raya Dayeuhkolot-Banjaran dan Jalan Raya Bojongsoang-Ciparay masih bisa dilalui kendaraan. Namun, banjir yang merendam jalan menjadikan kendaraan tersendat.

Hanya kendaraan cukup tinggi yang bisa melintasi jalan tersebut. Sedangkan, kendaraan yang tidak terlalu tinggi, seperti sepeda motor banyak yang mengalami kerusakan akibat memaksakan menembus banjir.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Sudrajat mengatakan, sebagian masyarakat sudah mengungsi ke tempat-tempat pengungsian.

Hingga tadi pagi ada 111 KK (kepala keluarga) atau 378 jiwa yang mengungsi di tiga kecamatan, tuturnya.

AYO BACA : Terendam Banjir, Hindari 3 Jalan di Kabupaten Bandung Ini

Dari 378 jiwa yang telah mengungsi tersebut terdapat 49 orang, dua ibu hamil, dan 22 balita. Pengungsi terbanyak berada di GOR Inkanas Baleendah dengan 62 KK atau 213 jiwa.

Berdasarkan hasil pemantauan, banjir menggenang di sejumlah daerah. Di Kecamatan Bojongsoang, banjir menggenang di Kampung Cijagra RW 09 dan RW 10 dengan tinggi muka air 10-70 centimeter.

Di Dayeuhkolot banjir menggenang di beberapa RW, sejumlah desa dan kelurahan, seperti Desa Dayeuhkoloh dan Kelurahan Pasawahan. Ketinggian air di Dayeuhkolot antara 10 sentimeter sampai 110 sentimeter, katanya.

Sementara di Baleeendah banjir menggenang di sejumlah RW di Kelurahan Baleendah dan Andir. RW 06 Kelurahan Andir yang tergenang cukup dalam, tinggi muka air mencapai 160 sentimeter, ujarnya.

Banjir yang menggenang tiga kecamatan tersebut diprediksi tidak surut dalam waktu dekat. Hal tersebut akibat hujan yang diperkirakan akan terus turun.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, hujan masih akan terjadi sampai besok, katanya.

AYO BACA : Terendam Banjir, Kades Dayeuhkolot Jamin Pelayanan Masih Berjalan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar