Waktu Paling Tepat untuk Berwisata ke Kawah Putih

  Sabtu, 16 Juni 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pengunjung di objek wisata Kawah Putih. (Eneng Reni/AyoBandung)

CIWIDEY, AYOBANDUNG.COM--Terletak di dataran tinggi Bandung Selatan, cuaca dan kondisi objek wisata Kawah Putih Gunung Patuha memang kadang tak menentu. Selain cuaca yang dingin, objek wisata di daerah Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung ini setiap harinya kerap diguyur hujan atau kabut tebal dari dalam kawah. 

Staf Bagian Pemasaran objek wisata Kawah Putih Gunung Patuha, Mona Loria Lenda, menyarankan waktu alternatif yang nyaman bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata tersebut. 

"Waktu kunjungan yang nyaman buat wisata ke Kawah Putih itu sekitar jam 8-10 pagi karena kalau sudah siang itu suka mulai gerimis," ungkap mona saat ditemui ayobandung.com di kantornya, Sabtu (16/6/2017).

Memang jam buka untuk objek wisata Kawah Putih Gunung Patuha hanya dibatasi dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Lantaran cuaca yang tidak memungkinkan di lokasi untuk diadakan kunjungan wisata 

"Kami manajemen, dulu sempat membuka objek wisata Kawah Putih Gunung Patuha sampai malam tapi karena di sini kerap diguyur hujan dan kabut juga kalau malam sudah semakin tebal,  jadi kita cuma buka sampai jam 17.00 WIB saja," sambungnya. 

Di sisi lain demi kenyamanan dan keamanan para pengunjung, Mona mengimbau wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata Kawah Putih Gunung Patuha untuk membawa payung, memakai baju hangat, dan masker. 

"Ini juga untuk antisipasi cuaca yang tidak menentu dan kalau kabut belerang sedang naik bau belerangnya suka menusuk hidung. Jadi buat antisipasi bawa masker juga," kata Mona menambahkan. 

Sementara itu, untuk meningkatkan keamanan ini, Mona mengatakan, pihak manajemen rutin dibantu polisi hutan dari Perhutani untuk melakukan penjagaan keamanan area danau yakni menyedikan rambu-rambu keamanan dan memagari semua area tepian danau.

"Upaya itu kan jelas biar nanti pengunjung yang datang bisa menjaga dan membaca perhatian yang tertera di sana. Pagar kayu dan tali juga untuk membatasi agar pengunjung tida melanggar zona aman. Itu untuk menjaga keselamatan mereka sendiri," ujarnya. 

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata Kawah Putih Gunung Patuha, Mona menyebutkan harga tiket di musim libur lebaran ini tidak mengalami peningkatan. Adapun setiap tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp20.000, ongkos angkutan Rp15.000 per orang, dan tiket masuk wisatawan mancanegara Rp75.000.

“Untuk yang memakai kendaraan roda empat pribadi langsung menuju pusat Kawah Putih dan parkir si sana itu sekitar Rp150.000 per mobil,” ujarnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar