Tips Sebelum Memutuskan Memakai Jasa ART Infal

  Jumat, 08 Juni 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Ilustrasi.

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Lebaran hanya tinggal menghitung hari. Bagi masyarakat perkotaan, momen ini bisa jadi sangat berat. Pasalnya akan ditinggal oleh Asisten Rumah Tangga (ART) yang mudik.

Biasanya untuk masyarakat perkotaan yang masih disibukkan dengan urusan pekerjaan rumah, akan memakai jasa ART infal selama ditinggal mudik.

Namun, bukan perkara mudah untuk mencari ART infal. ayobandung.com punya beberapa tips untuk memilih ART infal agar pekerjaan rumah tetap nyaman. Apa saja? Yuk disimak selengkapnya!

Cari agen atau penyalur ART infal yang resmi
Pertama-tama bagi konsumen yang tertarik untuk mendatangkan ART infal, harus memastikan dulu ART infal tersebut berasal dari agen atau penyalur yang resmi. Jika agen tersebut sudah memiliki kredibilitas dan bahan hukum resmi, maka akan lebih mudah bagi konsumen untuk mendapatkan jasa ART infal.

Buat perjanjian antara penyalur dengan pengguna jasa
Setelah mendapatkan agen yang resmi, selanjutnya konsumen harus memiliki surat perjanjian yang resmi dalam hal memakai jasa ART infal ini.

“Hal ini gunanya sebagai komitmen dari kedua belah pihak, baik dari konsumen, maupun dari penyedia jasa penyalur infal. Jadi kalau misalnya ada sesuatu hal yang tidak diinginkan, bisa langsung diproses karena memiliki bukti tertulis yang kuat,” kata Iham Sudibyo, salah satu pengurus yayasan penyalur ART, saat ditemui Jumat (8/6/2018).

Cek ulang identitas ART infal
Bagi konsumen jangan lupa juga untuk melakukan crosscheck ulang identitas dari para ART infal. Mulai dari mana asalnya, apakah sudah dalam usia layak bekerja, hingga riwayat pekerjaannya.

“Untuk konsumen tidak apa-apa jika ingin memastikan pengalaman bekerja para ART ini sebelumnya. Dengan cara ini para konsumen juga bisa memastikan keahlian dari calon ART infal tersebut,” ungkap Ilham.

Jelaskan pembagian tugas ART infal
Berhubung ART infal hanya bekerja untuk sementara waktu, ada baiknya untuk para konsumen bisa menjelaskan secara rinci kepada ART infal tentang tugas-tugas yang akan dikerjakannya. Selain itu, ART infal juga berhak mendapatkan informasi kapan berakhirnya kontrak kerjanya, dan mendapatkan upah sesuai dengan yang telah disepakati di awal.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar