BI Jabar Layani Penukaran Uang Jelang Lebaran, Ini Jadwalnya

  Senin, 05 Juni 2017   Arfian Jamul Jawaami
Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat menunjukkan beberapa uang emisi tahun 2016 saat launching penukaran jelang lebaran di Monumen Perjuangan Rakyat, Senin (5/6/2017).(Arfian/AyoBandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jawa Barat menyediakan uang senilai Rp16,47 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait penukaran tunai dalam menyambut Hari Raya Idulfitri.

"Stok uang yang cukup besar ini sebagai salah satu upaya membatasi ruang gerak para penjual uang yang biasa muncul pada setiap bulan Ramadan dan menjelang lebaran. Kemudian biasanya proyeksi berada di bawah prediksi maka kemungkinan masih bisa berkurang," ujar Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat, Senin (5/6/2017).

Adapun ketersediaan jenis pecahan uang Rp20.000 ke atas sebanyak 91,5% atau Rp15,22 triliun. Sedangkan untuk uang pecahan kecil dengan nilai Rp10.000 ke bawah hanya sebesar 9,3% atau Rp1,42 triliun. Sebesar 45% di antaranya merupakan uang rupiah baru emisi tahun 2016.

BI Jabar bekerja sama dengan 13 perbankan umum telah menyediakan mobil layanan kas keliling terpadu sebagai sarana penukaran uang yang hadir di berbagai lokasi keramaian seperti pasar, bandara, bazar, rest area tol, serta alun-alun. 

Sedangkan untuk pelayanan penukaran uang di kantor telah bekerja sama dengan 72 bank. Adapun rinciannya jumlah cabang sebanyak 1.232 kantor serta 99 unit BPR di seluruh di Bandung Raya, Subang, Sumedang, Purwakarta, Garut, Sukabumi, Sumedang, dan Cianjur.

"Jumlah uang yang dapat ditukar tidak dibatasi karena kuantitasnya lebih dari cukup. Layanan tidak dipungut biaya dan hindari penukaran di jalan, sebab dikhawatirkan ada indikasi uang palsu atau jumlah yang kurang," ujarnya.

Adapun rencana jadwal kas keliling serta loket layanan penukaran uang resmi khusus wilayah Bandung Raya adalah sebagai berikut:

5 Juni              : Pasar Cicadas

5 - 8 Juni        : Kas Keliling Terpadu Monumen Perjuangan dan Alun-Alun Tegalega

9 Juni              : Pasar Kosambi, Pasar Sarijadi dan Pasar Mohamad Toha

12 - 15 Juni   : Kas Keliling Terpadu di Alun-Alun Cimahi dan Alun-Alun Ujungberung

14 Juni           : Bandara Husein Sastranegara

15 Juni           : Pasar Ciroyom dan Gedung Graha Manggala Siliwangi

15 - 16 Juni   : Gedung Graha Manggala Siliwangi, Pasar Balubur, Pasar Cicaheum dan Pasar Leuwi Panjang

19 - 22 Juni   : Kas Keliling Terpadu di Balai Kota Bandung dan Jalan Soekarno

22 Juni           : Rest Area 147 Cileunyi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar