web analytics
Top banner bank bjb
Mudik Naik Kereta Api Makin Nyaman dengan Beragam Fasilitas Ini
Oleh Anggun Nindita Kenanga Putri, pada 13 Jun, 2018 | 07:44 WIB
Mudik Naik Kereta Api Makin Nyaman dengan Beragam Fasilitas Ini
Situasi arus mudik di Stasiun Bandung, Selasa (12/6/2018). (ANggun Nindita K Putri/ayobandung)

KEBON KAWUNG, AYOBANDUNG.COM--PT KAI Daop 2 Bandung telah menyiapkan berbagai fasilitas guna membuat perjalanan mudik Lebaran 2018 menjadi semakin nyaman.

Salah satu fasilitas tersebut adalah adanya tambahan toilet untuk wanita dan pria di dalam area stasiun.

“Kami menambah jumlah toilet bilik perempuan, yang tadinya empat menjadi delapan. Juga menambah urinoir untuk laki-laki, yang awalnya berjumlah lima menjadi sepuluh. Selain itu kami juga menambah satu kamar bilik untuk laki-laki,” kata Manajer Humas, PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus, saat ditemui Selasa (12/6/2018)

Selain itu, pihaknya juga memindahkan tempat wudu yang awalnya di dalam musala kini menjadi di luar musala. Hal ini dilakukan agar para penumpang lebih mudah mengakses tempat wudu saat di stasiun.

Bukan cuma penambahan fasilitas fisik, tampilan stasiun juga semakin dipercantik dengan melakukan pengecatan ulang dan mengganti lantai stasiun yang semula dari keramik menjadi granit.

Para pemudik pun bisa memeriksakan kesehatannya di posko kesehatan yang tersebar di beberapa stasiun, seperti Stasiun Purwakarta, Cimahi, Padalarang, Bandung, Kiaraconding, Cicalengka, Tasikmalaya, Banjar, dan Cibatu.

“Posko kesehatan ini gratis dan bisa diakses oleh seluruh penumpang yang merasa memiliki masalah dengan kesehatan,” ungkapnya.

Tak hanya serangkaian fasilitas di stasiun saja, kini para pemudik bisa menikmati takjil atau sahur gratis selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Pembagian takjil gratis ini mulai diadakan pukul 17.00-18.30 WIB di ruang tunggu peron. Setiap harinya pihak PT KAI Daop 2 Bandung menyediakan 5.000 paket takjil gratis. Dengan pembagian 2.500 di Stasiun Hall Bandung, sedangkan sisanya untuk di Stasiun Kiaracondong.

“Paket takjil gratis ini berupa kurma dan air mineral. Mengapa di dua stasiun tersebut, karena mengingat di dua stasiun tersebut konsistensi penumpangnya sangat ramai,” ujar Joni.

Untuk pemudik yang menempuh rute jauh, Joni mengungkapkan bahwa PT KAI Daop 2 Bandung telah menyediakan makanan sahur gratis di dalam kereta api.

Menunya pun beragam, mulai dari nasi goreng, nasi rawon, chicken nugget, beserta menu-menu lainnya.

“Ketika masanya waktu sahur ataupun berbuka di atas kereta api, kami sudah sediakan makanan gratis. Total perjalanan kereta api dari Stasiun Bandung yang kami berikan menu sahur dan buka gratis ada 32 perjalanan. Semuanya untuk rute jauh,” ungkapnya.

Pembagian takjil dan sahur gratis ini menurut Joni juga sebagai upaya dari PT KAI Daop 2 Bandung untuk sosialisasi kepada masyakarat untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi ketika mudik ataupun bepergian.

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait