web analytics
Top banner bank bjb
Bukan Tak Sopan, Milenial Hanya Kurang Suka Formalitas
Oleh Arfian Jamul Jawaami, pada 14 Mar, 2018 | 11:43 WIB
Bukan Tak Sopan, Milenial Hanya Kurang Suka Formalitas
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

DIPATIUKUR, AYOBANDUNG.COM -- Milenial dikenal sebagai generasi yang paling dinamis dibandingkan para pendahulunya. Karakter tersebut yang membuat milenial sangat populis dan penuh gaya.

Artinya, para milenial atau manusia dengan golongan usia antara 23 hingga 37 tahun memandang gaya hidup sebagai aspek yang sangat penting. Pandangan tersebut tidak hanya berlaku di lingkungan pergaulan, tapi juga pekerjaan.

Alhasil, banyak perusahaan dunia mulai melonggarkan aturan guna menyesuaikan diri dengan tabiat milenial, termasuk soal pakaian kerja. Beberapa perusahaan di Indonesia juga telah menapaki langkah serupa.

"Semua perusahaan di dunia harus melakukan adaptasi dengan perubahan tren anak muda. Soalnya, milenial tidak terlalu memperhatikan formalitas dan protokoler," ujar Antropolog Kota dari Universitas Padjadjaran, Budi Rajab, kepada ayobandung beberapa waktu lalu.

Budi menilai bahwa tabiat tersebut terjadi karena dampak dari perkembangan teknologi digital dan komunikasi. Segala sesuatu dapat mendadak populer dalam sekejap mata. Alasan yang menjadikan milenial begitu populis dan dinamis.

Sehingga, perubahan besar terjadi begitu masif dan cepat, termasuk soal fesyen. Hal tersebut sedikit demi sedikit mengubah persepsi milenial mengenai konsep formalitas dan kesopanan. 

Kini, segala sesuatu yang serius dan tidak serius dapat disatukan. Bahkan, Budi menilai bahwa masalah kesopanan juga harus berubah mengikuti perkembangan zaman. Soalnya, milenial memiliki relativisme tinggi terhadap segala sesuatu

"Lihat Mark Zuckerberg (pendiri Facebook). Walau bertemu dengan presiden tapi tetap saja memakai kaus. Milenial beranggapan bahwa cara berpakaian tidak berkaitan dengan pekerjaan. Walau pakaian biasa tapi tetap dapat bekerja secara profesional," ujar Budi.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait