web analytics
Top banner bank bjb
Yuk, Baca Buku di Perpustakaan Elmuloka
Oleh Fathia Uqim, pada 14 Mar, 2018 | 20:18 WIB
Yuk, Baca Buku di Perpustakaan Elmuloka
Perpustakaan Elmuloka Sekolah Gagas Ceria. (Fathia Uqim/ayobandung)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Pintu yang bening dari kaca itu memperlihatkan suasana indah dan tenang meski ramai oleh anak-anak yang membaca buku. Lantainya berwarna coklat memberi kesan kayu yang menghangatkan ruangan. Rak-rak buku menempel di setiap dinding. Dua orang pustakawati tengah sibuk mendata buku, sedangkan yang satu lagi melayani anak-anak sekolah dasar yang mengembalikan buku.

Buku-buku anak dari fiksi dan non fiksi memang berada di lantai satu. Pantas, di sudut-sudut ruangan anak-anak tengah khusyuk membaca bukua. Tangga kecil sebagai alat bantu anak-anak untuk meraih buku di rak paling atas menjadi pandangan yang membahagiakan. Mereka bersahutan satu sama lain untuk meminta tolong mengambil buku cerita kesukaannya.

Tidak gerah meski banyak anak di dalamnya. Ada pendingin ruangan di sudut kanan dan interior kekinian yang tidak bikin suasana perpustakaan kusam. Di sudut kiri sebelah pintu masuk, ada tangga akses menuju lantai dua. Lucunya, di bawah tangga itu Elmuloka memberikan fasilitas amparan duduk berwarna hijau yang empuk. Anak-anak berkumpul menyatu di bawah tangga sembari menunduk dengan tenang.

Menaiki tangga ke lantai dua. Sebuah ruangan yang cukup besar dengan meja panjang yang diisi dengan kursi merah berdepan-depanan. Sofá empuk sebelah meja pustakawati pun bisa jadi pilihan. Ada pula meja panjang yang menempel ke dinding sebagai tempat untuk membuka laptop. Di sudut belakang, ada kursi yang sudah menempel panjang berwarna abu sebagai tempat yang nyaman untuk berdiskusi atau membaca buku-buku dewasa.

Lantai dua diisi oleh rak hitam yang mengumpulkan banyak buku dari buku-buku umum, ensiklopedia, parenting, agama, sosial dan budaya. Semua bisa dinikmati oleh kaum dewasa yang hendak berakhir pekan di perpustakaan ini. 

Ya, Elmuloka adalah perpustakaan umum yang berlokasi di Sekolah Gagas Ceria. Perpustakaan itu bukanlah eksklusif milik Gagas Ceria. Mereka membuka perpustakaannya untuk umum. Sering Elmuloka mengundang komunitas pegiat literasi untuk berkegiatan di perpustakaannya.

Karin Karina, pengelola perpustakaan ini ingin Elmuloka hidup untuk orang banyak. Sudah banyak berbagai komunitas yang menggelar diskusi atau sekadar sharing di Elmuloka. Dari klab membaca remaja hinga Komunitas Institut Ibu Profesional.

“Bahkan di sini pun pernah mengadakan kelas yoga,” ujar Karin sambil terkekeh.

Tahun 2007 Elmuloka sudah berdiri di Sekolah Gagas Ceria. Saat itu baru 200 buku yang mengisi di rak-rak bukunya. Perpustakaan ini fokus pada buku bacaan untuk usia 2 hingga 12 tahun. Namun pada April 2017 lalu perpustakaan ini menambah lantainya. Lantai dua itulah menjadi ruang baca yang mengoleksi buku untuk orang dewasa.

“Hingga kini sudah mencapai 7.000 koleksi buku,” ujarnya.

Karin dan guru-guru di Gagas Ceria ingin sekali masyarakat umum berkunjung ke Elmuloka untuk membaca. karena mereka pun bisa meminjam buku sama halnya perpustakaan umum lain. Meskipun masih banyak orang yang tidak tahu atau segan untukmasuk ke dalam, Karin terus mempromosikan Elmuloka dengan mengundang berbagai komunitas khususnya pegiat literasi supaya berkegiatan di sana.

Lokasi Perpustakaan Elmuloka terletak di Sekolah Gagas Ceria, Jalan Malabar no 61. Mereka membuka pintunya di hari Senin hingga Sabtu pukul 09.00 sampai 15.00.

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait