web analytics
Top banner bank bjb
Ini Kata Sekda Jabar Soal Pensiun PNS
Oleh Mildan Abdalloh, pada 14 Mar, 2018 | 20:14 WIB
Ini Kata Sekda Jabar Soal Pensiun PNS
Sekda Jabar, Iwa Karniwa. (Eneng Reni N Jamil/ayobandung)

GEDUNG SATE,  AYOBANDUNG.COM -- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengapresiasi rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang akan mengubah skema penggajian pensiunan PNS.

Menurut Iwa, rencana tersebut bisa menjawab kekhawatiran PNS terhadap penurunan pendapatan gaji setelah pensiun.

"Penghasilan biasa 100% ini jadi 10 bahkan 5%, sementara begitu pensiun kebutuhan lebih besar,” tutur Iwa, Rabu (14/3/2018).

Kebijakan ini merupakan apresiasi pusat dan keberpihakan pada PNS karena dengan perubahan tersebut selain membantu naiknya angka pensiun, kondisi APBN pun tidak akan terlalu berat.

"Ini juga harus menjadi perhatian bagi PNS agar merencanakan pensiun sejak jauh-jauh hari agar tidak kaget. Pendapatan berapapun, seperlima atau sepertiganya harus ditabung,” katanya.
 
Setiap tahun, Pemprov Jabar mencatat rata-rata 300 sampai 500 orang PNS pensiun. Angka ini dinilai Iwa sudah tepat mengingat beban belanja pegawai Pemprov bisa berkurang.

“Sejak saya di Asda IV itu, targetnya menurunkan belanja pegawai dari 30% menjadi 7%, sekarang sudah tercapai belanja pegawai hanya 7-8%. Artinya belanja publik lebih besar,” paparnya.
 
Saat ini, Pemprov Jabar hanya memiliki 12.300 orang PNS. Padahal beberapa tahun lalu, jumlahnya mencapai 16.000 orang.

"Kebijakan ini hal yang baik. Karena banyak kasus, PNS begitu pensiun banyak yang stres dan sakit," tutupnya.

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait