web analytics
Top banner bank bjb
Jabar Targetkan SMA/SMK 100% UNBK
Oleh Mildan Abdalloh, pada 14 Mar, 2018 | 18:03 WIB
Jabar Targetkan SMA/SMK 100% UNBK
Ilustrasi. (Antara)

GEDUNG SATE, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mentargetkan semua SMA dan SMK bisa menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi mengatakan, tahun 2017 lalu SMA dan SMK di Jawa Barat yang menggelar UNBK baru 86%. Sehingga tahun ini, ditargetkan bisa seluruh sekolah menggelar UNBK.

"Targetnya 100% dan kami optimistis bisa mencapainya," tutur Hadadi, Rabu (14/3/2018).

Pada tahun lalu, masih banyak terdapat sekolah yang belum mempunyai perangkat komputer sebagai sarana untuk menggelar UNBK.

"Kebanyakan yang belum mempunyai sarana lengkap itu di kabupaten, kalau di Kota-kota sudah memadai," ujarnya.

Ada beberapa upaya yang dilakukan pemerintah provinsi jawa barat supaya semua SMA dan SMK bisa menggelar UNBK pada tahun ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pengadaan komputer baik melalui APBN, APBD Provinsi Jawa Barat maupun BOS.

Selain itu, pihaknya bekerjasama dengan SMP yang mempunyai fasilitas komputer. Menurutnya, komputer milik SMP tersebut dipinjam sementara waktu selama proses UN SMA dan SMK.

"SMP juga kami fasilitasi, silahkan menggunakan silitas komputer bahkan ujiannya bisa di SMA/SMK karena waktu UN-nya berbeda, jadi bisa bekerjasama," katanya.

Dengan cara seperti itu, pihaknya yakin tahun ini seluruh SMA dan SMK di Jawa Barat bisa menggelar UNBK.

Untuk mensukseskan UN tahun ini, Pemprov Jabar telah menganggarkan anggaran sebesar Rp 39 miliar. Dana tersebut digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, baik pelatihan, instalasi jaringan,pengadaan barang dan hal lainnya.

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait