web analytics
Top banner bank bjb
Aher Lantik Penjabat Dua Kepala Daerah
Oleh Mildan Abdalloh, pada 13 Mar, 2018 | 22:00 WIB
Aher Lantik Penjabat Dua Kepala Daerah

GEDUNG SATE, AYOBANDUNG.COM-- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melantik Penjabat wali kota Bekasi dan penjabat bupati Purwakarta, Selasa (13/3/2018).

Menurut Aher, masa jabatan wali kota dan wakil wali kota Bekasi telah habis sejak 10 Maret lalu, sementara masa jabatan bupati dan wakil bupati Purwakarta habis pada 13 Maret ini.

"Sesuai dengan Undang-undang tidak boleh ada kekosongan jabatan kepala daerah, makanya hari ini kami melantik penjabat wali kota Bekasi dan penjabat bupati Purwakarta," tutur Aher.

Sesuai dengan SK Mendagri, R Ruddi Gandakusumah didapuk menjadi Penjabat Wali Kota Bekasi, sementara Penjabat Bupati Purwakarta diemban oleh Taufik Budi Susanto dengan masa jabatan maksimal satu tahun atau sampai kepala daerah terpilih dilantik.

"Kewenangannya hampir sama dengan wali kota dan bupati, tapi tidak mempunyai kewenangan melakukan rotasi ASN dan menandatangani Perda kecuali mendapat persetujuan Mendagri," ujarnya.

Aher berharap agar kedunya bisa mensukseskan Pilkada serentak 2018 dengan cara menaikan tingkat partisipasi masyarakat.

"Harus meningkatkan partisipasi masyarakat kalau bisa menembus angka 75%-80%. Juga harus menjaga netralitas ASN," ujarnya.

Ditempat yang sama Ruddy Gandakusumah mengatakan bahwa sebagai aparatur negara sudah menjadi kewajibannya mensukseskan pilkada serentak 2018 ini.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengemban amanat yakni menjadi pemangku kebijakan, ini menjadi tantangan bagi saya. Dalam kaitan pilkada 2018 tentu sudah menjadi tugas untuk turut mensukseskannya," ujarnya.

Begitupun dalam menjaga netralitas ASN, menurutnya sudah menjadi keharusan bagi semua aparatur pemerintahan untuk tidak terlibat dalam politik praksis.

"Kepada semua ASN di Kota Bekasi tentu saya akan terus mewanti-wanti  untuk menjaga netralitas. Kalau sanksi kan sudah diatur dalam Undang-undang," tutupnya.
 

Editor: Andres Fatubun

Middle banner pos
Artikel Terkait