web analytics
Top banner bank bjb
Layanan Motor Gratis Siap Hadir Kembali di Angkutan Lebaran 2018
Oleh Eneng Reni Nuraisyah Jamil, pada 13 Mar, 2018 | 18:51 WIB
Layanan Motor Gratis Siap Hadir Kembali di Angkutan Lebaran 2018

KEBON KAWUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pada masa Angkutan Lebaran 2018 ini, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan kembali melaksanakan Angkutan Motor Gratis alias Motis. Manager Humas PT Kereta Api (Indonesia) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus, menyebutkan menyambut program pemerintah pusat, PT KAI pun mendukung  program tersebut dengan menyediakan total kapasitas layanan angkutan motor gratis yang dapat diangkut dengan KA sebanyak 18.096 unit motor untuk seluruh wilayah PT KAI.

"Jadi motor yang bisa kami angkut tahun ini yaitu 16.096 unit motor, dengan masa angkutan selama 13 hari dimulai 8 Juni sampai dengan 25 Juni 2018," kata Joni saat konferensi pers Angkutan Lebaran 2018 di kantor Humas Daop 2, Selasa (13/3/2018).

Sementara itu, untuk prosedur pendaftaran Angkutan Motis sesuai dengan anjuran Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, masyarakat bisa melakukan pendaftaraan secara daring di www.mudikgratis.dephub.go.id dengan pendaftaran motor dari 9 Februari sampai dengan 24 Juni 2018. Cara lainnya adalah mendaftarkan langsung motor di stasiun yang ditunjuk. Adapun untuk Daop 2 Bandung, tiga stasiun yang ditinjuk adalah Stasiun Cimahi, Stasiun Kiara Congdong, dan Stasiun Bandung.

Sementara itu, untuk  kereta yang melakukan pengangkutan Motis bakal terpisah dengan kereta penumpang. Sebab, motor akan diatur dengan KA khusus yang mengatur keseluruhan angkutan motor tersebut. Sementara untuk penumpang KA,  Daop 2 bakal menyiapkan KA yang telah lebih dulu ditetapkan. 

Untuk KA penumpang Motis Daop 2 PT KAI, bisa menggunakan KA Harina, KA Serayu Pagi, KA Serayu Malam, KA Kahuripan, dan KA Pasundan. "KA-KA tersebut adalah kereta api yang kami siapkan bagi penumpang yang menggunakan layanan motor gratis tadi," lanjut Joni. 

Sementara itu, Joni menyebutkan sesuai aturan yang ditetapkan, satu penguna motis maksimal menggunakan layanan pemesanan tiket keberangkatan maksimal untuk tiga tiket kereta. 

Total kapasitas tiket KA bagi penumpang yang mengikuti angkutan motis ini sejumlah 67.818 tempat duduk. Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis ini pun tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan. Penyerahan bukti pemesanan tiket dilakukan pada saat peserta angkutan motor gratis menyerahkan motor. 

Selain itu Joni menyebutkan, khusus untuk Daop 2 sampai dengan 9 Maret 2018, sudah terdapat 960 motor. Data terkini ini tersebar di tiga stasiun Daop 2 Bandung, yaitu 298 unit motor dari Stasiun Cimahi, 104 unit motor dari Stasiun Bandung, dan 558 unit motor dari Stasiun Kiaracondong. Layanan motor gratis ini pun kata dia ditunjukan sesuai dengan relasi penumpangnya.  

"Tentu data ini akan bertambah. Tapi alhamdulillah, mudah-mudahan ini bisa mengurangi kemacetan di jalan raya dan tentu mengurangi angka kecelakaan akibat mudik dengan motor," kata Joni. 

Editor: Andres Fatubun

Middle banner pos
Artikel Terkait