web analytics
Top banner bank bjb
Tanggul Cironggeng Ditanggulangi Sementara Secara Swadaya
Oleh Eneng Reni Nuraisyah Jamil, pada 09 Mar, 2018 | 21:23 WIB
Tanggul Cironggeng Ditanggulangi Sementara Secara Swadaya
Warga bersama aparat saat menanggulangi tanggul jebol di Kecamatan Arcamanik, Bandung, Jumat (9/3). (ayobandung/Eneng Reni)

CISARANTEN, AYOBANDUNG.COM – Warga beserta aparat bersama-sama menutup tanggul secara swadaya untuk sementara waktu. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi semakin parahnya bencana banjir yang diakibatkan jebolnya tanggul Sungai Cironggeng di wilayah permukiman warga RW 04, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung.

Dandim Komando Distrik Militer (Kodim) 0618/BS Bandung, Kolonel Inf Arfin Dahlan mengatakan jika dengan melibatkan sebanyak 100 personel, pihaknya berhasil menanggulangi tanggul yang jebol sekitar 40 meter untuk menahan laju air.

"Memang masih ada yang jebol sekitar 30 meter lagi, tapi besok rencana kami akan kerjakan lagi," kata Arfin kepada ayobandung di lokasi banjir, Jumat (9/3/2018) malam.

Namun, penanggulangan tanggul ini hanya bersifat sementara. “Untuk menahan laju air agak tidak masuk ke pemukiman warga,” kata Arfin. Kekuatan tanggul sementara yang dibangun ini, lanjutnya, sangat dipengaruhi kekuatan curah hujan dan laju air sungai.

"Kita menggunakan karung-karung tanah agar sementara ini airnya tidak meluap. Soalnya kasihan masyarakat yang terkena imbas banjir dari tanggul jebol ini," kata Arfin.

Sementara itu, untuk penanganan lebih lanjut, Arfin telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

Sebagaimana diketahui, jebolnya tanggul Sungai Cironggeng mengakibatkan banjir bandang yang melanda tiga RT di RW 04. Banjir mulai terjadi sejak Kamis (8/3/2018) sekitar pukul 18.30 WIB dengan ketinggian air mencapai dada orang dewasa.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait