web analytics
Top banner bank bjb
Pramono Anung: Alumni ITB Harus Mau Terjun ke Politik
Oleh Arfian Jamul Jawaami, pada 03 Mar, 2018 | 19:23 WIB
Pramono Anung: Alumni ITB Harus Mau Terjun ke Politik
Menteri Sekretaris Kabinet (Mensekab) Republik Indonesia, Pramono Anung Wibowo. (Antara)

TAMANSARI, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Sekretaris Kabinet (Mensekab) Republik Indonesia, Pramono Anung Wibowo yang juga merupakan alumni Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1982 mengatakan, alumni ITB harus mau terjun ke dunia politik.

Pasalnya, politik merupakan jalan untuk dapat menentukan arah kebijakan negara. Artinya, dengan menduduki jabatan politik maka dengan sendirinya akan menguasai negeri ini.

"Orang yang menguasai politik maka akan menguasai negeri ini. Tidak ada satu pun jabatan tinggi yang tidak dipilih oleh partai politik. Bahkan KPK saja dipilih melalui DPR," ujar politisi PDI Perjuangan tersebut saat dialog antara jajaran rektorat bersama Ikatan Alumni ITB bertajuk "Anak Gajah Pulang Kandang" di Aula Barat ITB pada Sabtu (3/3/2018).

Sehingga, lanjut Pramono, jika ITB ingin hadir sebagai agen perubahan nasional, maka salah satu jalannya adalah dengan ketelibatan para alumni di dunia politik. Salah satu cara yang dapat dilakukan ITB adalah dengan memberikan pendidikan politik dalam agenda perkuliahan.

"Alumni ITB menjadi salah satu yang terbanyak dalam pendaftaran caleg. Imbang dengan UGM. Salah satu alumni kami yang sukses di dunia politik adalah Romy. Kini, Romy memimpin salah satu partai politik Islam terbesar di Indonesia. Romy adalah adik kelas dari Ridwan Kamil," ujar mantan Wakil Ketua DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan tersebut.

Salah satu kekuatan yang dimiliki para alumni ITB adalah jalinan kebersamaan dan komunikasi intensif. Hingga kini, Ikatan Alumni ITB memang rajin berkumpul dan turut menjaga kebijakan pemerintah.

Namun, Pramono berpesan bahwa antara almamater dan politik harus dapat dipisahkan. "Saya melihat kebanggaan akan ITB begitu nampak. Jadi kelemahan anak ITB adalah tetap menonjolkan gambar Ganesha. Padahal dalam politik jangan dibawa," ujarnya.

ITB memang dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tidak sedikit para alumni ITB duduk di kursi penting pemerintahan Indonesia. Mulai dari presiden pertama Indonesia Soekarno hingga cagub Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kini, ITB memiliki sedikitnya 22.000 mahasiswa. Dengan rincian 15.000 mahasiswa program sarjana dan 7.000 mahasiswa untuk gelar magister dan doktor. Sementara jumlah alumni telah lebih dari 100.000. 

Pada tahun 2015 lalu, ITB mengubah konsep diri dari riset university menjadi entrepreneurial university seperti Harvard. Sebanyak 93 persen program studi di ITB telah terakreditasi A nasional. Sementara 30 program studi untuk gelar sarjana sudah terakreditasi internasional. 

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait