web analytics
Top banner bank bjb
Walmart Tingkatkan Pembatasan Usia untuk Pembelian Senjata
pada 01 Mar, 2018 | 15:20 WIB
Walmart Tingkatkan Pembatasan Usia untuk Pembelian Senjata

FLORIDA, AYOBANDUNG.COM -- Toko retail raksasa Amerika Serikat, Walmart, menjadi toko kedua yang meningkatkan batas usia untuk pembelian senjata. Walmart mengikuti langkah Dick’s Sporting Goods, yang membatasi usia menjadi 21 tahun. 

Langkah ini merupakan reaksi dari kasus penembakan massal yang terjadi di SMA Marjory Stoneman Douglas di kawasan selatan Florida pada Rabu (14/2) yang menewaskan 17 siswa.

Walmart menyatakan akan mengeluakan panduan terbaru yang sifatnya lebih ketat dan tegas soal pembelian senjata dan amuisi secepat mungkin. Sejumlah senjata yang tergolong tidak mematikan seperti airsoft gun jenis tertentu pun akan dibatasi penjualannya.

Dalam beberapa tahun terakhir retailer senjata sebenarnya secara berkala sudah membatasi penjualan senjata dan memperketat akses warga sipil untuk mendapatkan senjata. Di tahun 2006, mereka menghentikan sepertiga penjualan di seluruh AS dengan alasan kurangnya permintaan. 

Namun kebijakan pembatasan pembelian senjata ini tak selalu mendapat respons positif. Asosiasi Senapan Nasional (NRA) dan kelompok pemburu meradang dengan keputusan itu karena mereka merasa terbatasi untuk menjalankan hobinya.

Pada tahun 2015, Walmart melakukan langkah penting dengan menghentikan penjualan senjata semi otomotis secara keseluruhan. Senjata termasuk adalah AR-15 yang kerap digunakan dalam kasus penembakan massal. 

Langkah Walmart terbaru dengan meningkatkan batas usia ini mendapatkan pujian dari kelompok yang kontra dengan penjualan senjata. 

Source: RT

Editor: Andres Fatubun

Middle banner pos
Artikel Terkait