web analytics
Top banner bank bjb
Selama Dua Bulan, 8 Orang Tewas dalam Kecelakaan di KBB dan Cimahi
Oleh Hengky Sulaksono, pada 01 Mar, 2018 | 14:05 WIB
Selama Dua Bulan, 8 Orang Tewas dalam Kecelakaan di KBB dan Cimahi
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi mencapai 42 kejadian. Dari puluhan kejadian tersebut, delapan orang korban kecelakaan harus rela kehilangan nyawa.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cimahi, Ajun Komisaris Polisi Suharto mengatakan, penyebab kecelakaan yang terjadi secara umum diakibatkan oleh kondisi kendaraan yang tidak lain maupun kesalahan yang dilakukan pengendara.

"Penyebab kecelakaan lalu lintas yang pertama adalah diawali oleh pelanggaran, misalnya dari kelayakan sehingga bisa menyebabkan kendaraan bermotor celaka," kata Suharto saat ditemui di Markas Polres Cimahi, Kamis (1/3/2018).

"Pengendara itu sendiri kadang kala juga, kan, lalai. Sudah tahu jalan forbidden (tidak boleh dilewati), tapi tetap saja digunakan. Saat berkendara, mereka menggunakan handphone. Itu menjadi penyebab daripada kecelakaan lalu lintas," dia melanjutkan.

Tahun 2017 lalu, tercatat 450 kecelakaan lalu lintas terjadi dan menyebabkan 55 orang meninggal. Sedangkan jumlah korban meninggal akibat kecelakaan pada 2016 mencapai 60 orang.

Selama awal tahun hingga akhir Februari 2018, kepolisian juga telah melakukan penindakan langsung sebanyak sekitar 3.000 kali. Jumlah pelanggaran cenderung merata antara Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi. Sementara pelanggar berdasarkan jenis kendaraan didominasi pengendara motor. 

"Yang mendominasi rata-rata tidak menggunakan helm. Terutama alat teknis pendukung kelaikan jalan baik roda dua empat maupun selebihnya. Misalnya yang sering menerobos, melawan arus," kata dia.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait