web analytics
Top banner bank bjb
Polres Cimahi Bakal Gelar Razia Selama Tiga Pekan
Oleh Hengky Sulaksono, pada 01 Mar, 2018 | 10:52 WIB
Polres Cimahi Bakal Gelar Razia Selama Tiga Pekan
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Kepolisian Resor Cimahi bakal menggelar razia untuk menjaring pelanggar lalu lintas di jalanan sepanjang tiga pekan sejak 5-25 Maret 2018. Razia bakal dilakukan di sejumlah titik di Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

Kapolres Cimahi, Ajun Komisaris Besar Polisi Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, sasaran utama razia yang dilakukan kepolisian ialah pelanggaran lalu lintas yang berpotensi merugikan pengendara lain dan menimbulkan kecelakaan di jalanan. 

"Sasarannya adalah pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang berimplikasi pada naiknya angka kecelakaan lalu lintas," kata Rusdy kepada wartawan selepas memimpin Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya di Lapangan Polres Cimahi, Kamis (1/3/2018) pagi. 

Dia mencontohkan, beberapa perilaku pengendara yang dianggap berpotensi mengancam keselamatan tersebut, antara lain pengendara yang melawan arus dan mereka yang menggunakan ponsel saat berkendara. 

Polisi bakal melakukan penindakan secara preventif berupa teguran kepada pelanggar ringan, dan langkah represif berupa saksi pidana kepada para pelanggar yang dianggap menimbulkan potensi kecelakaan lalu lintas. Penindakan dilakukan mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Sedikitnya 150 personel aparat gabungan dari kepolisian, tentara, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan bakal dikerahkan dalam operasi tersebut. Angka kecelakaan lalu lintas, menurut Rusdy, harus ditekan semaksimal mungkin dalam operasi ini. 

"Imbauan kami kepada masyarakat, mari kita tertibkan, ciptakan keamanan, kenyamanan dalam berlalu lintas. Saling menghargai sesama pemakai jalan untuk mewujudkan aman, selamat, sampai tujuan," kata dia. 

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait