web analytics
Top banner bank bjb
Abraham Samad Ajak Generasi Muda Hindari Korupsi
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada 28 Feb, 2018 | 20:58 WIB
Abraham Samad Ajak Generasi Muda Hindari Korupsi
Abraham Samad. (ayobandung/Irfan Alfaritsi)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM -- Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad mengajak  generasi muda untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai integritas dalam diri masing-masing. Caranya dengan mencegah diri sendiri dan orang lain tidak tidak melakukan korupsi sejak dini.

“Bangsa dan negara ini tidak dibangun di atas perilaku korupsi melainkan dibangun di atas kejujuran dan nilai-nilai integritas. Generasi muda wajib menumbuhkembangkan nilai-nilai ini karena merekalah yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa dan negara,” kata Abraham melalui keterangan resmi yang diterima ayobandung, Rabu (28/2/2018).

Abraham mengingatkan hal ini terkait akan hadirnya ia selaku pembicara kunci di acara Indonesia Future Leaders Conference (IFLC) di Makassar, Sulawesi Selatan. Acara dengan tema “Sinergi dan Kolaborasi dalam Membangun Negeri” ini rencananya dilaksanakan pada Kamis-Sabtu (1-3/3/2018).

Abraham bakal memberikan motivasi kepada generasi muda calon pemimpin bangsa bagaimana mempersiapkan diri dari sisi mental maupun moral. Dari sisi mental, kata Abraham, generasi muda harus kuat menahan godaan dalam bentuk pemberian gratifikasi, komisi, yang ujung-ujungnya korupsi. “Dari sisi moral bagaimana generasi muda wajib memegang agama, keyakinan, dan etika yang selalu mengajarkan kebaikan,” kata Abraham. 

Moralitas dan etika ini, menurut Abraham, pada gilirannya merupakan modal penting untuk membendung setiap pemimpin muda atau calon pemimpin di masa mendatang dari setiap perilaku koruptif.

“Saya akan memberi motivasi sekaligus hal-hal praktis tentang bagaimana generasi muda memiliki integritas terutama menyiapkan diri menahan godaan dan korupsi,” janji Abraham. 

IFLC merupakan kegiatan pelatihan kepemimpinan tingkat nasional yang dirancang untuk mendorong sikap keberanian seseorang, meningkatkan kualitas kepemimpinan, meningkatkan motivasi, meningkatkan kemampuan kerja sama, dan kepekaan sosial. 

Acara kali ini mengangkat enam isu krusial yaitu lingkungan, pendidikan, kemiskinan, kesehatan, gender, dan ekonomi, dengan masing-masing pembicara yang menguasai bidangnya. Indonesia Future Leaders (IFL) sendiri merupakan  organisasi pemuda nonprofit yang kegiatannya fokus kepada pemberdayaan  pemuda dan kerelawanan sosial. 

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait