web analytics
Top banner bank bjb
Jabar dan India Jajaki Kerja Sama Pertanian dan Pendidikan
Oleh Mildan Abdalloh, pada 19 Feb, 2018 | 21:09 WIB
Jabar dan India Jajaki Kerja Sama Pertanian dan Pendidikan
Ilustrasi. (Antara)

GEDUNG SATE, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Jawa Barat akan menjalin kerja sama dengan India dalam bidang pertanian dan pendidikan.

Untuk penjajakan kerja sama tersebut, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan telah bertemu dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat, di Gedung Sate, Senin (19/2/2018).

Menurut Rawat, dalam pertemuan tersebut pihaknya membahas ide kerja sama. Sehingga hampir dipastikan proses perjanjian kerja sama bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama," ujarnya.

Dijelaskan, salah satu bidang kerja sama yang akan dijajaki adalah dalam bidang pendidikan. Dengan perjanjian tersebut, maka memungkinkan terjadi transfer pengetahuan dari berbagai institusi pendidikan ternama di Jawa Barat dan India.

"Bentuknya bisa pertukaran pelajar dan penelitian," ucapnya.

Selain itu, lanjut Rawat, bisa juga penggunaan teknologi dalam berbagai sektor. Indonesia dan India, juga sama-sama penghasil beras.

Jawa Barat dinilai sukses dalam mengembangkan pertanian, sehingga dinilai akan sangat bermanfaat jika kerja sama dilakukan di kedua belah pihak. Sehingga kerja sama dalam bidang pertanian juga memungkinkan untuk dilakukan.

Dengan pertemuan tersebut, Jawa Barat dan India sudah memiliki jaringan atau saluran komunikasi langsung. Sehingga selanjutnya, kedua belah pihak akan lebih mudah menggelar pertemuan pembahasan kerja sama selanjutnya secara lebih terperinci.

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait