web analytics
Top banner bank bjb
Tanjakan Emen Bakal Diganti jadi Tanjakan Aman
Oleh A. Dadan Muhanda, pada 15 Feb, 2018 | 17:17 WIB
Tanjakan Emen Bakal Diganti jadi Tanjakan Aman
Ilustrasi(satrio/ayomedia network)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Komisi IV DPRD Jabar dan Kemenhub mengusulkan agar nama Tanjakan Emen yang selama rutin menjadi tempat lokasi kecelakaan agar diganti menjadi Tanjakan Aman, untuk mengubah citra dan mitos yang mengiringi wilayah tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV PRD Jabar Daddy Rohanady saat mendampingi Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi dalam kunjungan ke lokasi kecelakaan di Tanjakan Emen Subang, Kamis (15/02). Kunjungan dipimpin Ketua Komisi IV Ali Hasan dan sejumlah anggota komisi.

“Mulai saat ini kami sepakat dengan Pak Dirjen Hubdar, nama Tanjakan Emen kita ganti menjadi tanjakan Aman,” kata Daddy seperti dikutip situs resmi DPRD Jabar, Kamis (15/2).

Emen adalah dama panggilan seorang purnwirawan TNI yang kemudian menjadi sopir truk. Nama aslinya Taslim. Keberadaan Emen selalui dikaitkan dengan kecelakaan yang rutin terjadi di wilayah itu.

Tanjakan Emen berada di ruas jalan provinsi dan termasuk wilayah Kabupaten Subang. Setiap tahun tanjakan itu menelan korban, karena kondisi tanjakan yang curam dan tikungan yang tajam.

Pemerintah juga akan menambah rambu-rambu peringatan dan akan dibangun pula areal penyelamatan darurat. Selain itu ada juga opsi untuk membangun jalan alternatif untuk mengurangi tingkat kecelakaan.

Editor: A. Dadan Muhanda

Middle banner pos
Artikel Terkait