web analytics
Top banner bank bjb
Survei Indobaromter: Dua DM dan Rindu Saling Menjatuhkan
Oleh Mildan Abdalloh, pada Feb 13, 2018 | 15:47 WIB
Survei Indobaromter: Dua DM dan Rindu Saling Menjatuhkan
Ilustrasi. (Satrio)

JALAN ASIA-AFRIKA, AYOBANDUNG.COM -- Lembaga survei Indobarometer merilis hasil survei Pilgub Jabar 2018 untuk mengukur kekuatan Pasangan Calon Gubernur Jabar 2018-2023. Popularitas dan elektabilitas dua pasangan yakni Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Dua DM) bersaing ketat.

Direktur Eksekutif Indobarometer Muhammad Qodari mengatakan, survei dilakukan dengan sistem multistage random sampling di seluruh wilayah Jawa Barat pada 20-23 Januari terhadap 800 responden.

"Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dengan Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Dua DM) secara popularitas dan elektabilitas jauh diatas dua pasangan lainnya yakni Pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) dan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik)," tutur Qodari, Selasa (12/2/2018).

Menurutnya, elektabilitas Rindu menjadi yang tertinggi dengan 44,8%, disusul Dua DM 27,9%, Hasanah 1% dan Asyik 0,9%. Namun yang belum menentukan jawaban masih cukup tinggi yakni 25,4%.

Walaupun Rindu secara pasangan masih tertinggi, namun jika dilihat dari elektabilitas dan polpularitas kandidat, keduanya saling menjatuhkan.

Qodari menyebutkan, elektabilitas Ridwan Kamil memang tertinggi dengan 49,5% yang menyebabkan Deddy Mizwar terlempar dengan 27,1%, namun hal tersebut berbanding terbalik dengan elektabilitas calon pendamping mereka. Dedi Mulyadi yang mendampingi Deddy Mizwar mendapat elektabilitas sebesar 27,3% sementara Uu yang mendampingi Ridwan Kamil hanya mendapat elektabilitas 23,1%.

Sementara dua pasangan lain yakni Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan TB Hasanuddin-Anton Charliyan bertarung di level bawah. Secara pribadi, TB Hasanuddin memperoleh elektabilitas 1,1% unggul dari Sudrajat yang mendapat 0,8%. Anton Charliyan yang menjadi pendamping TB Hasanuddin mendapat elektabilitas 2,1% sementara Ahmad Syaikhu hanya mendapat 0,9%.

"Dinamika masih terjadi karena ada waktu empat bulan untuk mengambil hati masyarakat Jawa Barat," ujarnya.

Dari sisi popularitas, lanjjut Qodari, Deddy Mizwar merupakan calon gubernur terpopuler jika dibandingkan dengan calon gubernur lainnya. Orang yang akrab disapa Demiz tersebut mempunyai popularitas sebanyak 97,1%, disusul Ridwan Kamil dengan 88,8%, Sudrajat 11,1% dan Hasanuddin 10,6%.

Dedi Mulyadi juga menjadi calon wakil gubernur paling populer dengan 67% disusul Uu Ruzhanul Ulum 43,9%, Ahmad Syaikhu 18,6%, dan Anton Charliyan 15,5%.

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait