web analytics
Top banner bank bjb
Berlari Bersama Bandung Explorer
Oleh Fathia Uqim, pada Feb 08, 2018 | 13:55 WIB
Berlari Bersama Bandung Explorer
Ilustrasi -- Seorang peserta mengikuti ajang lari Bandung Ultra 100 yang digelar oleh Bandung Explorer pada 2017. (Dok. Bandung Explorer)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Olahraga lari kian menjadi gaya hidup banyak orang di zaman kiwari. Selain menyehatkan, terkadang, lari juga menjadi wadah eksistensi seseorang. Berbagai komunitas pelari amatir bermunculan di sejumlah kota besar. Contohnya saja, Bandung Explorer, yang terdiri dari sekumpulan orang yang hobi berolahraga di ruang-ruang kota Bandung.

Dinukil dari laman resminya, nama Bandung Explorer pertama kali digunakan saat gelaran “Run for Leukemia” pada 2014 lalu. Itu merupakan gelaran amal penggalangan dana untuk rumah singgah anak penderita leukemia.

Sejumlah anggota dari komunitas ini pernah meraih berbagai kejuaraan. Seperti di ajang Penang Eco 100, Ijen 100, atau Rinjani Trail Running 2017. “Kita memang ada proses berlatih. Program itu membuat mereka (para pemenang) jadi juara lintasan di Indonesia,” ujar Ketua Bandung Explorer, Dian Sukmara saat dihubungi ayobandung, Kamis (8/2/2018).

Tidak seluruhnya anggota Bandung Exlorer adalah atlet. Di dalamnya, banyak pula pelari amatir. Namun, berawal dari pelari amatir, banyak anggota komunitas ini yang akhirnya menjadi pelari betulan dengan menjuarai berbagai lomba. “Ada yang sebelumnya ibu rumah tangga, guru, bahkan mahasiswa biasa,” kata Dian.

Sebenarnya Bandung Explorer tidak fokus untuk mencetak atlet lari. “Ini terbangun dari atmosfir bersama saja,” kata Dian. Hal itu pula yang akhirnya mendorong anggota untuk merasa tertantang mengikuti gelaran-gelaran lari di berbagai daerah.

Tak ada syarat khusus untuk bisa menjadi bagian dari Bandung Explorer. Silakan bagi kamu yang tertarik ikut latihan bersama setiap Senin hingga Rabu pukul 19.00 – 21.00 WIB di Lapangan Gasibu, Bandung.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait