web analytics
Top banner bank bjb
Menikmati Jazz di Tengah Hiruk Pikuk Stasiun Bandung
Oleh Eneng Reni Nuraisyah Jamil, pada 08 Feb, 2018 | 11:03 WIB
Menikmati Jazz di Tengah Hiruk Pikuk Stasiun Bandung
Soulnation saat tampil di Jazzy Station yang digelar di Stasiun Bandung, Rabu (7/2). (ayobandung/Irfan)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Ada yang berbeda pada Rabu (7/2/2018) petang di salah satu sudut Stasiun Bandung. Jika biasanya stasiun hanya dipenuhi oleh hiruk-pikuk aktivitas para penumpang, porter, dan sopir taksi, tidak dengan sore kemarin. Sejumlah musisi jaz berdendang di atas sebuah panggung mini.

Sesekali alunan musik jaz itu membaur dengan suara pengumuman jadwal keberangkatan kereta, panggilan penumpang, bahkan informasi kehilangan barang. Agak keos memang, tapi tidak menyurutkan perhatian penumpang yang ingin membunuh rasa bosan menunggu jadwal keberangkatan.

Soulnation menjadi band penampil kala itu. Apik mendendangkan sejumlah repertoar jaz populer yang menghibur para penumpang. Gelaran itu bertajuk “Jazzy Station” yang menyuguhkan penampil musik jaz setiap Selasa dan Rabu selama Februari 2018. Diprakarsai oleh PT Kereta Api Indonesia, gelaran ini digelar di enam titik stasiun : Bandung, Gambir (Jakarta), Tawang (Semarang), Tugu (Yogyakarta), Gubeng (Surabaya), dan Malang.

Bukan hanya untuk menghibur penumpang, gelaran “Jazzy Station” juga jadi ajang buat PT KAI mendekatkan diri dengan masyarakat melalui sarana musik.

"Acara ini bagus banget mengobati kebosanan para penumpang. Kalau bisa di setiap stasiun ada. Karena stasiun tidak hanya menjadi tempat untuk naik turun penumpang, tapi juga dapat memberikan hiburan di ruang publik," ujar Dewi, salah seorang penumpang tujuan Bekasi saat berbincang dengan ayobandung, Rabu (7/2/2018). 

Melalui “Jazzy Station”, PT KAI bekerja sama dengan sejumlah komunitas musik jaz lokal untuk tampil di stasiun. Tujuannya, apa lagi kalau bukan untuk mengenalkan kereta api sebagai sarana transportasi massa yang digemari berbagai kalangan.

Sejumlah band tercatat menjadi pengisi acara “Jazzy Station” di Stasiun Bandung. Di antaranya L’Ninos, Soulnation, Fussion Bandung Community, The Mojos, dan Nu Friend. Dalam aksi panggungnya, tak jarang para penampil mengajak penumpang untuk berdendang bersama. Bahkan, sesekali juga ada jamming session yang sengaja digelar.

Contohnya, jamming session antara Soulnation bersama Forum Musisi dan Penyanyi Indonesia Kota Bandung kemarin sore. Kemasan yang apik, terutama saat aransemen musik menyertai warna tradisional Sunda dan Betawi.

Personel Soulnation, Wel Suhendar mengapresiasi gelaran “Jazzy Station”. Selain untuk menghibur penumpang, gelaran ini juga bisa mengangkat potensi pertumbuhan industri musik lokal di setiap kota, khususnya di Bandung.

"Jazzy Station ini adalah salah satu cara melihat bagaimana antusiasme masyakarat tentang musik jaz dan cara PT. KAI merangkul para penumpang setianya," kata Wet. 

Selain menikmati alunan musik jaz, penumpang juga berkesempatan mendapat hadiah menarik. Soalnya, “Jazzy Station” juga mengadakan beberapa games ringan, tapi seru. Cukup dengan memasang aplikasi KAI Access di ponsel pintar, kamu berpeluang mendapat hadiah menarik.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait