web analytics
Top banner bank bjb
Empat Program Ini Bisa Bawa Kamu ke Luar Negeri
Oleh Fathia Uqim, pada Feb 08, 2018 | 11:20 WIB
Empat Program Ini Bisa Bawa Kamu ke Luar Negeri
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri adalah idaman. Namun, seleksi ketat mengharuskan beberapa orang tersisihkan. Faktanya, tak semua orang punya kesempatan cemerlang untuk mencicipi budaya lain dan hidup bersama warga lokal.

Tapi jangan khawatir. Ada beberapa program yang tak memerlukan proses seleksi. ayobandung merangkum empat program yang bisa kamu ikuti.

 

Couchsurfing

Couchsurfing atau disingkat CS adalah situs para traveler yang bersedia menyediakan sofa atau kamarnya untuk traveler lain yang sedang menjelajah suatu negara. Biasanya, traveler akan mencari host yang bersedia menampung dirinya selama beberapa hari ke depan tergantung kesepakatan.

Tidak ada biaya yang dipungut alias gratis. Situs ini adalah mediator sesama traveler untuk saling berkenalan dan menguntungkan.

Worldpackers

Situs ini adalah mediator para traveler dengan penyelenggara acara. Worldpackers berbeda dengan CS. Di sini adalah tempat sejumlah yayasan atau lembaga tertentu mencari relawan. Misalnya, Nepal yang membutuhkan relawan untuk mengajar Bahasa Inggris. Atau, relawan bercocok tanah yang dibutuhkan Vietnam. Kelebihannya, traveler akan mendapat tempat tidur, sarapan, dan tur gratis tergantung penyediaannya.

WWOOF

World Wide Opportunities on Organic Farms atau disingkat WWOOF adalah layanan homestay berdasarkan kerelawanan untuk bercocok tanam organik. Biasanya ada penarikan biaya dari WWOOF ini. Kamu yang ingin mencoba hidup di daerah urban, bertani organik, dan merasakan hidup bersama petani lokal, WWOOF adalah program yang cocok buat kamu.

Au Pair

Program ini biasanya ada di berbagai negara. Kamu yang ingin mendapat uang sekaligus jalan-jalan bisa ikut Au Pair. Kamu akan tinggal bersama sebuah keluarga untuk membantu pekerjaan rumah mereka. Misalnya menjaga anak-anak saat bekerja.

Namun, kamu harus teliti dengan perjanjian yang bakal ada di awal. Memperjelas apa saja pekerjaanmu di rumah. Jangan sampai kamu mengerjakan segala hal di rumahnya, padahal pekerjaanmu hanya menjaga anak. 

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait