web analytics
Top banner bank bjb
9 Gejala Kanker Prostat Yang Wajib Kamu Kenali
Oleh Fajar Sukma, pada Feb 07, 2018 | 07:01 WIB
9 Gejala Kanker Prostat Yang Wajib Kamu Kenali
Ilustrasi. (kankerrostat.net)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Ada pepatah mengatakan, “Bersyukurlah untuk hari ini, karena dalam satu saat, seluruh hidupmu bisa berubah”. Nah, kutipan di atas sangat benar karena kehidupan manusia sangat rapuh dan ada sejumlah hal yang bisa mengubah hidup kita dalam hitungan beberapa detik.

Didiagnosis dengan penyakit serius seperti kanker jelas merupakan momen yang mengubah kehidupan karena dari saat seseorang menyadari bahwa ia menderita kanker, hal itu bisa berdampak besar pada kehidupannya!

Selain itu, kanker adalah penyakit yang mulai menghancurkan jaringan dan organ tubuh pada tingkat yang mengkhawatirkan begitu sel kanker mulai berkembang biak. Jadi, gejala penyakit ini bisa sangat merusak pengalaman baik untuk pasien maupun bagi orang yang mereka sayangi.

Kanker dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun, langsung dari kulit kepala sampai ke kaki, termasuk semua organ vital. Beberapa jenis kanker yang lebih umum adalah kanker usus besar, kanker payudara, tumor otak, kanker prostat dan lainnya. Jadi, berikut adalah beberapa gejala kanker prostat yang tidak boleh diabaikan.

Apa itu Kanker Prostat? Kanker prostat adalah sejenis kanker yang mempengaruhi kelenjar prostat, yang ditemukan pada pria, terletak di bawah kandung kemih. Kelenjar prostat bertanggung jawab untuk memproduksi cairan mani selama hubungan seksual. Ketahui lebih banyak tentang tanda-tanda peringatan kanker prostat yang tidak seharusnya diabaikan.

1. Sering Buang Air Kecil

Jika kamu telah mengalami dorongan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya akhir-akhir ini, meski belum minum cairan berlebih, maka bisa menandakan adanya penyakit seperti diabetes, infeksi kandung kemih atau bahkan kanker prostat. Sebab, kelenjar prostat terletak persis di bawah kandung kemih.

2. Susah Saat Kencing

Bila seseorang terkena kanker prostat, ia mungkin mengalami masalah tertentu. Misalnya saat mencoba buang air kecil seperti kesulitan dalam memulai aliran air kencing dan dengan susah payah menahannya. Dengan kata lain, pria bisa mengalami kehilangan kontrol kandung kemih saat kencing, jika kelenjar prostatnya terkena kanker.

3. Kantung Kemih Bocor

Jika memperhatikan ada air kencing di celana dalam tanpa disadari, padahal sudah buang air kecil beberapa saat yang lalu, itu bisa terjadi karena adanya kantung kemih yang bocor. Ini merupakan tanda lain kanker prostat.Gejala ini tidak boleh dianggap enteng, karena bisa mengindikasikan kanker prostat telah mencapai stadium lanjut.

4. Cairan Ejakulasi Berkurang

Biasanya, pria yang tidak berhasrat memiliki anak dengan pasangannya, tidak terlalu memperhatikan jumlah cairan mani saat ejakulasi dicapai setelah melakukan hubungan seksual. Namun, penting untuk memperhatikan jumlah cairan mani sesekali karena penurunan volume yang mendadak dapat mengindikasikan adanya penyakit seperti kanker prostat.

5. Darah Dalam Urin

Jika kamu melihat ada darah dalam urin, atau jika urine sangat gelap, bisa mengindikasikan adanya sejumlah kondisi kesehatan seperti infeksi saluran kencing, diabetes, batu ginjal, dan lain-lain. Darah dalam urin bisa juga menunjukkan adanya kanker prostat. Sehingga pemeriksaan kesehatan menyeluruh harus dilakukan untuk mengetahui apa yang menyebabkan gejala ini.

6. Nyeri Saat Ejakulasi

Biasanya, ketika seseorang berejakulasi selama klimaks dalam hubungan seksual atau masturbasi, tidak ada rasa sakit yang dialami. Sebaliknya, ejakulasi seharusnya menyenangkan. Jadi, jika kamu mengalami rasa sakit pada alat kelamin atau di sekitar kandung kemih saat ejakulasi, itu bisa menjadi pertanda kanker kandung kemih.

7. Nyeri Di Dubur

Jika kamu mengalami nyeri yang tajam dan tekanan konstan di dalam atau sekitar daerah dubur, itu bisa jadi tanda lain kanker prostat. Jika terjadi pertumbuhan dan perbanyakan sel kanker di kelenjar prostat, hal itu bahkan bisa mempengaruhi daerah rektum. Karena kedua daerah ini berdekatan satu sama lain.

8. Nyeri Pada Panggul

Kanker prostat juga dapat menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada panggul pria disertai rasa sakit di punggung bawah dan paha, karena pertumbuhan kanker pada kelenjar prostat dapat mempengaruhi jaringan di daerah sekitarnya juga. Jadi, jika kamu merasakan rasa sakit dan kekakuan di panggul, punggung bawah dan paha, lakukan tes kanker prostat.

9. Kehilangan Berat Badan

Jika kamu telah mengalami kehilangan nafsu makan dan akibatnya penurunan berat badan secara tiba-tiba, disertai dengan satu atau lebih gejala yang disebutkan sebelumnya, maka itu bisa menjadi gejala lain yang pasti dari kanker prostat. Jika itu terjadi, segera lakukan penanganan medis. 

Source: Boldsky

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait