web analytics
Top banner bank bjb
Yuk, Hijrah Bareng Komunitas Dakwah dan Sosial
Oleh Fathia Uqim, pada Feb 07, 2018 | 16:42 WIB
Yuk, Hijrah Bareng Komunitas Dakwah dan Sosial
Salah satu kegiatan Komunitas Dakwah dan Sosial yaitu Program Penghapusan Tato Gratis di Masjid Al Kaffah, Jalan Kopo Citarip 233 Bandung. (Fathia Uqim/ayobandung)

CITARIP, AYOBANDUNG.COM -- Berawal dari tahun 2007 sekumpulan orang yang ingin mengaji bersama dan menimba ilmu Islam menginisiasi sebuah acara Tablig Akbar di Kota Bandung. Karena pada saat itu Bandung masih belum banyak menggelar kajian seperti saat ini. Dari situlah terbentuk Komunitas Dakwah dan Sosial atau disebut Kodas. 

"Dulu setiap sebulan sekali kita mengadakan tablig akbar di Masjid. Dari mulai kita menyebarkan pamflet hingga menempel poster. Kalau sekarang kan sudah mudah ya tinggal share di media sosial ke berbagai grup tinggal broadcast," ujat Rifqi Syaiful Rohman, Pembina Komunitas Dakwah dan Sosial (Kodas) kepada ayobandung, Rabu (7/2/2018). 

Rifqi mengatakan bahwa saat ini kita mudah menjumpai kajian- kajian di masjid. Akhirnya hingga saat ini Kodas fokus pada program hapus tato gratis. Namun acara tablig akbar atau kajian masih digelar setiap satu kali dalam sebulan di Masjid Al Kaffah, Bandung. 

"Selain itu kita pun berkhidmat kepada masyarakat dalam mendalami dunia dakwah dan sosial seperti membantu kebencanaan. Kita turun ke masyarakat misalnya waktu bencana Garut atau banjir di Dayeuhkolot. Kodas pun mengadakan acara sunatan massal hingga pemberian santunan kepada anak-anak sekolah," katanya. 

Dulu Kodas berada di Masjid Al Mushola di Mohamad Toha. Namun seiring waktu karena akses ke masjid tersebut tidak terlalu luas, akhirnya Masjid Al Kaffah menjadi tempat berkumpulnya komunitas dakwah dan sosial ini. 

Tak hanya itu, Kodas kini tak jarang digaet oleh komunitas lain untuk bekerja sama dalam penyelenggaraan acara kajian dan program. Di antaranya kajian bersama Ustadz Adi Hidayat di Soreang atau program hapus tato gratis ini bersama Gerak Bareng Community. 

"Bagi yang ingin bergabung bersama Kodas bisa langsung ikut kegiatannya saja, nanti akan ada kumpulan sebulan sekali berikut kajian bersama dan kajian internal," kata Rifqi mengakhiri. 

Editor: Andres Fatubun

Middle banner pos
Artikel Terkait