web analytics
Top banner bank bjb
Pria, Perhatikan 9 Gejala Kanker Prostat Ini
pada Feb 05, 2018 | 11:15 WIB
Pria, Perhatikan 9 Gejala Kanker Prostat Ini
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

LENGKONG, AYOBOGOR.COM – Mendapat diagnosa penyakit kanker adalah momen yang bisa mengubah kehidupan seseorang. Kanker adalah penyakit yang menghancurkan jaringan dan organ tubuh pada tingkat yang mengkhawatirkan. Bagi pria, kanker prostat adalah hal yang paling menakutkan.

Kanker prostat terjadi pada kelenjar prostat yang ditemukan pada pria. Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih pria dan bertanggung jawab untuk memproduksi sperma.

Untuk penanganan dini, pria tampaknya perlu tahu gejala-gejala apa saja yang mengindikasikan adanya kanker prostat. Dilansir dari Boldsky, berikut hal-hal yang harus pria perhatikan.

 

#1 Sering buang air kecil

Dorongan untuk buang air kecil yang lebih besar daripada biasanya bisa menandakan adanya beberapa penyakit serius. Misalnya saja diabetes, infeksi kandung kemih, atau bahkan kanker prostat.

#2 Masalah saat buang air kecil

Seseorang yang terkena kanker prostat bisa mengalami beberapa masalah tertentu. Misalnya saja kesulitan saat mengeluarkan air kecil. Dengan kata lain, pria bisa kehilangan kontrol kandung kemih saat kencing jika terkena kanker prostat.

#3 Kandung kemih bocor

Kalau pakaian dalammu basah padahal kamu belum buang air kecil, waspadai kanker prostat. Gejala ini tidak boleh dianggap enteng karena bisa mengindikasikan bahwa kanker prostat telah mencapai stadium lanjut.

#4 Berkurangnya sperma saat ejakulasi

Biasanya, pria tidak terlalu memperhatikan jumlah cairan sperma saat berejakulasi. Namun, perlu dicatat, penting bagi pria untuk memperhatian jumlah cairan sperma. Sebab, penurunan volume sperma yang mendadak bisa mengindikasikan adanya kanker prostat.

#5 Darah dalam urine

Darah dalam urine atau warna urine yang gelap mengindikasikan adanya sejumlah kondisi kesehatan seperti infeksi saluran kencing, diabetes, batu ginjal, dan lain-lain. Namun, darah dalam urine biasanya menunjukkan adanya kanker prostat sehingga pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh harus segela dilakukan.

#6 Rasa nyeri saat ejakulasi

Biasanya, ketika seorang pria berejakulasi, tidak ada rasa sakit yang dialami. Jadi, jika kamu merasa sakit pada bagian kelamin atau sekitar kandung kemih saat ejakulasi, itu bisa jadi pertanda kanker prostat.

#7 Nyeri pada bagian dubur

Jika kamu mengalami nyeri dan tekanan konstan di dalam dan sekitar bagian dubur, bisa jadi itu adalah tanda lain kanker prostat. Pertumbuhan sel kanker di kelenjar prostat bisa mempengaruhi daerah dubur karena kedua daerah ini saling berdekatan.

#8 Nyeri pada tulang panggul

Kanker prostat juga menyebabkan rasa sakit dan kaku pada tulang panggul pria. Ini disertai pula dengan rasa sakit di pungguh bawah dan paha. Soalnya, pertumbuhan sel kanker pada kelenjar prostat bisa mempengaruhi jaringan di daerah sekitarnya.

#9 Penurunan berat badan

Jika kamu kehilangan nafsu makan dan berat badan menurun secara tiba-tiba, maka itu bisa jadi salah satu gejala kanker prostat. Dalam kasus seperti itu, pemeriksaan medis harus segera dilakukan.

Source: Boldsky

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait