web analytics
Top banner bank bjb
Awali Pagi dengan Jogging, Ini Manfaatnya
Oleh Fajar Sukma, pada 24 Jan, 2018 | 06:48 WIB
Awali Pagi dengan Jogging, Ini Manfaatnya

TURANGGA, AYOBANDUNG.COM -- Jogging adalah salah satu bentuk latihan sederhana yang dapat dilakukan oleh semua kelompok usia. Bagi kebanyakan orang, jogging dilakukan di pagi hari. Latihan ini bermanfaat bagi kesehatan otak dengan melepaskan endorfin yang dapat membantu menenangkan stres.

Jogging juga meningkatkan kapasitas paru-paru sekaligus meningkatkan kadar kolesterol darah. Sebuah data mengungkapkan bahwa jogging secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup lima sampai enam tahun pada pria dan wanita.

Jika Anda ingin tetap sehat secara fisik agar pikiran dan tubuh Anda tetap segar dan juga kehilangan beberapa kalori. Cobalah jogging. Tapi pertama-tama Anda harus tahu tentang manfaat jogging dari kesehatan.

Menyehatkan Jantung
Jogging bisa menjadi latihan kardio yang hebat. Dapat memperkuat otot-otot jantung dan membuat mereka bekerja lebih efisien. Selain itu, jogging ditemukan dapat mengendalikan tekanan darah, kadar glukosa darah dan kolesterol. Jogging membantu memompa darah jantung lebih cepat dan mencegah risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Kesehatan Mental
Saat Anda jogging, tubuh melepaskan endorfin, sekelompok hormon yang bertanggung jawab untuk menentukan apa yang Anda rasakan. Hormon yang ini membuat Anda merasa baik secara alami dan dengan demikian mengurangi stres dan ketegangan Anda. Itulah salah satu alasan tubuh terasa segar setelah jogging.

Memperkuat Tulang
Saat Anda jogging, tulang mengalami sejumlah tekanan dan membuat jaringan tulang disiapkan untuk beban tambahan setiap hari. Jogging juga memperkuat tulang dan membantu mencegah cedera yang berhubungan dengan tulang, dengan membuatnya lebih kuat.

Mengembangkan Otot
Jogging adalah aktivitas fisik yang intens yang melibatkan otot-otot besar tubuh. Ini menargetkan otot paha belakang, otot gluteus, otot betis, dan lain-lain. Jogging juga membantu mengencangkan otot dengan memberi tubuh Anda tampilan ramping dan kencang dengan otot yang berkembang dengan baik.

Menurunkan Berat Badan
Jogging membantu membakar kalori ekstra tersebut dan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Joging juga membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh dengan membuatnya lebih cepat dan mudah membakar lemak.

Memperlancar Sistem Pernafasan
Jogging membuat sistem pernafasan bekerja secara efisien. Joging juga dapat  meningkatkan kapasitas paru-paru untuk menyerap lebih banyak oksigen dan membantu meningkatkan kapasitas daya tahan otot-otot pernapasan. Jika Anda menderita masalah pernapasan, jogging adalah pilihan yang baik.

Meningkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh
Jika sistem daya tahan  tubuh Anda kuat, tubuh Anda akan memiliki kekuatan untuk melawan semua jenis infeksi. Jogging dapat  meningkatkan kekuatan fisik dan  meningkatkan produksi sel darah putih serta menurunkan tingkat stres, depresi dan kelelahan

Mencegah Osteoporosis
Jogging membantu mempertahankan dan membangun ketebalan tulang Anda. joging juga bisa membantu dalam meningkatkan kekuatan tulang belakang dan pinggul. Sehinggadapat  mencegah terjadimya osteoporosis

Membantu Proses Pemikiran
Jika Anda berada dalam situasi yang sulit atau rumit dan tidak dapat memikirkan apa yang harus dilakukan, Anda pasti perlu mulai jogging untuk mengatur pikiran Anda yang akan memungkinkan Anda mencapai solusi. Sementara jogging Anda akan tahu apa yang penting bagi Anda dan Anda akan menemukan solusinya.

Terlihat Awet Muda
Jogging akan membiarkan Anda berada dalam keadaan yang lebih baik; baik secara mental maupun fisik. Tingkat energi positif yang lebih tinggi akan membantu Anda mempertahankan tampilan awet muda. Apalagi, jogging akan meningkatkan kadar darah dan oksigen ke pembuluh darah kulit, membuat Anda terlihat segar dan bercahaya.

 

Source: Boldsky

Editor: Andres Fatubun

Middle banner pos
Artikel Terkait