web analytics
Top banner bank bjb
Majelis Pemuda Al Jabbar Rangkul Komunitas se-Jatinangor
Oleh Fathia Uqim, pada 20 Jan, 2018 | 15:54 WIB
Majelis Pemuda Al Jabbar Rangkul Komunitas se-Jatinangor
Majelis Pemuda Aljabbar. (Fathia Uqim/ayobandung)

JATINANGOR, AYOBANDUNG.COM -- Al Jabbar adalah sebuah masjid kampus yang diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pada tahun 2015 lalu. Nama Aljabbar, bisa mewakili 3 unsur, yaitu Jawa Barat sendiri yang menjadi donatur penuh, Asmaul Husna dan Al Jabbar matematika yang ditemukan Al Khawarizmi.

Masjid yang terletak di Kampus ITB Jatinangor ini, didanai oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Hingga saat ini, masjid Al Jabbar masih menunjukkan eksistensinya dengan berbagai komunitas yang dirangkul. 

Salah satunya adalah Majelis Pemuda Al Jabbar (MPA). Komunitas tersebut menjadi tangan kanan DKM Al Jabbar. 

MPA ini adalah komunitas yang ingin merangkul komunitas-komunitas dakwah lain di lingkungan Jatinangor. 

"Misalnya J-Fresh adalah komunitas dakwah remaja untuk SMA, Relawan Peduli Masjid (RPM) komunitas pemuda yg bertujuan meramaikan masjid, atau Muslim ITB Jatinangor (MIJ)," kata salah satu pengurus MPA, Ega Kusuma, Sabtu (20/1/2018). 

Menurutnya, MPA biasanya selalu mengajak mereka untuk berkolaborasi dalam kegiatan kajian Kamis ba'da Ashar atau kajian Sabtu ba'da isya di masjid al-jabbar ITB.

"Jadi bagaimanapun kami selalu libatkan mereka. DKM Al Jabbar ini mengkoordinir berbagai komunitas dan MPA menjadi tangan kanannya," ujarnya. 

Majelis Pemuda Al Jabbar menerima dengan tangan terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung. Selama masih sesuai al-quran dan Sunnah dan bisa menjalankan ketakmiran. 

Target MPA ini ingin mengadakan acara Ramadhan yang bertemakan Semarak Ramadhan seperti tahun lalu. Ega berharap supaya Ramadhan tahun ini dapat menjaring massa lebih banyak supaya gaung mereka terdengar. 

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait