web analytics
Top banner bank bjb
Makan Enak Nongkrong Nikmat di Kawasan Dago Pakar
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada Jan 13, 2018 | 12:05 WIB
Makan Enak Nongkrong Nikmat di Kawasan Dago Pakar
Ilustrasi -- Suasana D' Pakar, Dago, Bandung. (adnain.net)

AYOBANDUNG.COM – Makan enak di tempat yang eksotis adalah kenikmatan hakiki. Tak ada yang bisa mengalahkannya. Apalagi kalau kamu jalan-jalan ke Bandung

Lansekap kota Bandung yang berbukit-bukit itu eksotis. Seperti kawasan Bukit Dago Pakar, Bandung, yang selalu jadi sasaran pelancong.

Beberapa kafe di kawasan Dago atas sudah punya pamor di kalangan pelancong. Namun, sekedar mengingatkan kembali, barangkali aja kamu lupa, ini ayobandung kasih beberapa kafe di kawasan perbukitan Dago yang bisa kamu datangi di akhir pekan ini.

 

Sierra Café & Lounge

Kafe yang berada di Jalan Bukit Dago Pakar Timur ini adalah tempat buat kamu yang ingin nongkrong (agak) mewah. Bukan apa-apa, meski tempat ini dibilang sangat romantis, tapi harga yang ditawarkan memang cukup bikin kantung bobol.

Menu western hingga tradisional ada di kafe yang jarang sepi ini. Rata-rata dari setiap sajian ini dibanderol dengan harga mulai Rp 40.000.

Kesan mewah kafe yang satu ini juga bisa terlihat dari luar. Bangunannya yang terkesan formal dengan pramusaji khas restoran-restoran mewah siap menyambut kedatanganmu. Ada juga sofa-sofa yang bisa kamu nikmati untuk bersantai ala eksekutif muda.

Tapi, yah, enggak ada salahnya kok sekali-kali liburan (agak) mewah.

Alamat : Jalan Bukit Pakar Timur No. 33

Jam Operasi : 10.00 - 23.00 WIB

Sumber foto : Garasi Kuliner

The Valley Bistro Café

Masih tak terlalu jauh dengan Sierra, di Jalan Lembah Pakar Timur, ada sebuah kafe yang biasanya dipenuhi wisatawan asing. Namanya, The Valley Bistro Café. Tentu nama ini udah enggak asing lagi, bukan?

Ini merupakan kafe eksklusif dengan harga yang, ehm.. juga eksklusif. Hampir sama dengan Sierra, berbagai pilihan menu yang ada di sini rata-rata dibanderol dengan harga lumayan mahal, dimulai dari Rp 40.000.

The Valley memang sudah kesohor sejak lama. Selain karena sajiannya yang nikmat, lansekap yang ditawarkan juga bikin ngiler. Romantis luar biasa, bung dan nona!

Sedikit tips kalau ingin menikmati akhir pekan romantismu di sini. Kamu bisa memesan tempat terlebih dahulu melalui melalui telepon. Soalnya, The Valley sering dipenuhi pengunjung, sampai-sampai yang baru datang terpaksa kudu waiting list.

Alamat : Jalan Lembah Bukit Pakar Timur No. 28

Jam operasi : 11.00 - 23.00 WIB

Sumber foto : tripadvisor.com

Kopi Ireng

Jika dibandingkan dengan dua kafe di atas, Kopi Ireng punya lokasi yang lebih di atas perbukitan. Lebih tepatnya, pas di perbatasan antara Jalan Bukit Pakar Timur – Ciburial.

Kafe yang berada di ujung Jalan Bukit Pakar Timur ini bisa dibilang surga bagi para pencinta kopi. Soalnya, sajian kopi yang disajikan di Kopi Ireng diramu oleh peracik kopi handal, Karneli Sadikin. Nama yang tentu tak asing lagi bagi para pencinta kopi.

Sedikit saran, pilihlah tempat duduk yang ada di area outdoor lantai 2. Di sana kamu bisa disuguhi pemandangan perbukitan yang serba hijau ditambah sedikit warna city light di malam hari.

Alamat : Jalan Bukit Pakar Timur No. 1

Jam operasi : 13.00 - 01.00 WIB

Sumber foto : kopiireng.com

Selasar Sunaryo Coffee & Art Space

Kalau yang ini adalah tempatnya buat kamu yang ingin nongkrong artsy. Maksudnya, biar dikata “anaknya berkesenian banget”. Tempat ini memang kolaborasi antara coffee shop dan galeri.

Nama Sunaryo jelas tak asing lagi bagi dunia seni Indonesia. Ia adalah seorang seniman trimatra penting di Indonesia. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat di kawasan Dipatiukur adalah salah satu mahakarya Sunaryo.

Coffee shop ini berada di teras Selasar Sunaryo di Jalan Bukit Pakar Timur. Berhadapan langsung dengan perbukitan, ditambah udara dingin, yang bikin pengunjung betah berlama-lama di sini. Apalagi buat kamu yang tak terlalu suka hiruk pikuk, datanglah kemari.

Kamu juga bisa belajar mengapresiasi karya seni yang dipamerkan di dalam galeri. Syukur-syukur kalau kebetulan sedang ada pameran atau music showcase yang juga biasa digelar di area amphitheater Selasar Sunaryo Art Space.

Alamat : Jalan Bukit Pakar Timur No. 100

Jam operasi : 10.00 - 17.00 WIB

Sumber foto : selasarsunaryo.com

Takigawa Meatbar in the Sky

Dari namanya saja sudah jelas, kamu akan makan daging di “langit”. Kata langit di sini tentu bukan dalam artian harfiahnya. Maksud kata “langit” di sini hanya bentuk metafora dari “berada di atas ketinggian”.

Jadi, sudah kebayang bukan seperti apa tempat ini? Takigawa Meatbar in the Sky berada di Jalan Bukit Pakar Timur IV. Sudah mah berada di kawasan perbukitan, area restoran di tempat ini berada di lantai 5 dan 6. Bayangkan bagaimana tingginya kamu saat berada di sana? Seperti di langit, memandangi city light yang dimiliki Bandung tepat di depan mata.

Tempat ini memang paling pas buat kamu yang ingin hangout-hangout lucu. Kamu bisa duduk di sofa-sofa menggemaskan yang ada di sana, di pinggir jendela yang bisa dibuka, hingga kamu bisa melihat Bandung yang dikelilingi pegunungan tanpa terhalang kaca.

Urusan menu, dari namanya juga sudah ketahuan, bukan? “Takigawa”, mewakili menu-menu Jepang seperti sushi, ramen, udon, donburi, dan lain-lain. Juga “Meatbar”, yang mewakili menu western dengan bahan utama daging seperti steak dan lain-lain.

Alamat : Jalan Bukit Pakar Timur IV No. 8

Jam operasi : 11.00 - 00.00 WIB

Sumber foto : Garasi Kuliner

Café D’Pakar

Beranjak agak jauh mendekati Tebing Keraton, ayobandung merekomendasikan kamu buat berkunjung ke D’Pakar. Bukan apa-apa, konsep kafe di kebun berundak yang digunakan oleh pemilik kafe sungguh menarik perhatian.

Di kafe yang berada di Jalan Dago Pakar Utara ini kamu bisa menenangkan diri sembari menyeruput secangkir kopi sembari menikmati cahaya matahari sore yang menyapuh rimbuh pepohonan pinus di Tamah Hutan Raya Ir. H. Juanda.

Datanglah sebelum gelap, karena D’ Pakar hanya beroperasi hingga pukul 18.00 WIB. Wajar saja, akses menuju ke sana memang agak menyeramkan di malam hari.

Alamat : Jalan Dago Pakar Utara

Jam operasi : 09.00 - 18.00 WIB

Sumber foto : tripcanvas.com

 

Jadi, buat kamu yang lagi di Bandung, yuk, main ke kawasan Dago Pakar. Sebelumnya kita berdoa dulu, semoga tidak hujan. Selamat berakhir pekan!

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait