web analytics
Top banner bank bjb
10 Jam Jalani Tes Kesehatan, Ini Cerita Para Kandidat
Oleh Mildan Abdalloh, pada 11 Jan, 2018 | 19:32 WIB
10 Jam Jalani Tes Kesehatan, Ini Cerita Para Kandidat
Empat pasang kandidat di Pilgub Jabar menjalani tes kesehatan di RSHS, Bandung, Kamis (11/1/2018). (Kavin Faza/Job)

JALAN EYCKMAN, AYOBANDUNG.COM -- Lebih dari sembilan, jam pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat melakukan proses tes kesehatan dan psikologi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung, Kamis (11/1/2018). Sejak pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, delapan orang kandidat mengikuti serangkaian tes.

Hampir semua calon gubernur mengaku proses tes kesehatan jasmani dan rohani tersebut cukup menguras energi, walaupun secara umum berjalan lancar.

"Waktu saya mengikuti tes Pilwalkot 2013 tes dilakukan dua hari, sekarang dipadatkan jadi satu hari. Kesehatan dan psikotes. Jadi agak lelah," ungkap Ridwan Kamil.

Karena masih muda, Ridwan Kamil tidak mendapat kesulitan apapun saat menjalani tes fisik. Di usianya yang masih relatif muda, kondisinya masih prima.

"Tapi karena psikotes ditempatkan di akhir, saat mengisi sudah agak leng lengan (pusing), dites mikir untuk mencocok-cocokan. Tapi alhamdulillah lancar, 90% soal saya jawab," ungkapnya.

Calon Gubernur Sudrajat mengaku semua proses berjalan lancar. Bahkan dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB dilakoninya tanpa ada hambatan.

"Semuanya dari A sampai Z lancar. Lumayan capek sih, terutama psikotes yang cukup menguras tenaga," katanya.

Dengan jumlah sekitar 800 pertanyaan, psikotes cukup menguras tenaga.

"Untuk kesehatan tidak ada masalah, baik urine maupun bagian dalam, semuanya baik," ucapnya.

Cagub lainnya, TB Hasanuddin mengaku tidak mendapat kendala apapun. Terlebih sebelum menjalankan tes, dia beristirahat cukup. Namun, psikotes diakuinya memakan waktu cukup lama.

"Yang lama itu mengisi isian untuk psikotes. Sudah delapan kali saya ikut psikotes, dari mulai daftar tentara dan lainnya. Prosesnya hampir sama antara psikotes dan karakter sekarang dengan yang biasa dilakukan," terangnya.

Halyang sama juga diakui Deddy Mizwar. Dia tidak mendapat kendala apapun ketika menjalani tes jasmani dan rohani.

"Semuanya lancar. Semua diisi, ini kan bukan benar dan salah. Jadi soalnya diisi sajalah semuanya," tambahnya.

Menurutnya, psikotes yang dilakukan oleh Himpsi yang memakan waktu lama. Karena selain tes tulis terdapat juga wawancara.

"Tidak ada pertanyaan sulit, semua dijawab. Jawab aja pokoknya semua deh, tidak  penting benar salah, yang penting jawab," tuturnya sambil tertawa.

Semua bakal calon gubernur juga mengaku yakin akan lolos tes rohani dan jasmani sebagai salah satu syarat calon untuk melenggang menuju kursi kepemimpinan di Jawa Barat.

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait