web analytics
Top banner bank bjb
Cara Ampuh Supaya Bisa Traveling Keliling Dunia
Oleh Fathia Uqim, pada Jan 11, 2018 | 10:27 WIB
Cara Ampuh Supaya Bisa Traveling Keliling Dunia
Ilustrasi. (Giphy)

TURANGGA, AYOBANDUNG.COM

“Kok bisa ya si A ke Bali?”

“Kok bisa ya si B ke Jepang?”

“Eh, dia sih emang tajir. Orang kaya.”

Memberikan jawaban atas pertanyaan kenapa seseorang sering traveling ke mana-mana itu mudah. Jawab saja, karena dia orang kaya, keturunan ningrat, artis, atau endorser. Padahal di balik jawaban itu, bisa saja sebenarnya kamu iri karena enggak bisa traveling sesering itu.

Masalahnya, jawaban “karena dia orang kaya” itu enggak sepenuhnya benar. Lalu apa jawaban paling benar? Ya, nabung dong! Nah, di bawah ini ada beberapa tips buat kamu yang ingin tahu bagaimana caranya menabung dengan baik untuk jalan-jalan keliling dunia.

 

#Lakukan penilaian

Coba bandingkan rencana perjalanan dengan situasi keuanganmu. Apakah sudah layak atau kita bermimpi terlalu besar? Jujurlah pada diri sendiri.

Kalau kamu sudah membikin gambaran umum soal keseluruhan biaya perjalanan, catat perkiraan biayanya untuk kemudian dibandingkan dengan uang yang kamu punya.

#Tetapkan tujuan

Buatlah tabungan terpisah. Ada tabungan jangka pendek dan jangka panjang. Jangan lupa catat bucket list kamu, mau ke mana aja sih? Tulis juga seberapa besar biaya yang kamu butuhkan untuk pergi ke sana. Jangan malu untuk menaruh pencapaian yang tinggi, karena sebagian orang bisa berkeliling dunia tanpa apa-apa!

#Buat rencana

Buatlah rencana penghematan untuk mencapai tujuanmu. Hal ini bisa dilakukan dengan menghapus biaya yang tidak perlu. Kamu juga mesti menetapkan anggaran belanja yang ketat sebagai langkahmu untuk menabung.

#Implementasi

Lakukan saat ini juga atau tidak. Lakukan ketika segala rencana telah kita pertahankan.

#Evaluasi

Seiring berjalannya waktu, rencanamu bisa berkembang seiring kebiasaan belanjamu berubah. Lihatlah kemajuanmu setiap bulannya, dan periksa anggaran untuk terus disesuaikan.

Ingat kembali tujuanmu. Misalnya dengan meletakkan gambar peta, rute perjalanan, dan peta mimpimu di dinding kamar.

Menabung adalah pekerjaan keras, tetapi siapa pun bisa melakukannya jika punya komitmen terhadap mimpinya.

Source: Air Treks

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait