web analytics
Top banner bank bjb
Olahraga Sebanyak Kamu Mandi dan Sikat Gigi
Oleh Fathia Uqim, pada 10 Jan, 2018 | 09:20 WIB
Olahraga Sebanyak Kamu Mandi dan Sikat Gigi
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Orang yang lebih banyak diam dan menghabiskan waktunya untuk nonton televisi, misalnya, akan menyebabkan kerusakan jantung selama mereka tidak mengubah cara hidupnya. Begitulah kata periset dalam studi yang diterbitkan di American Heart Association Journal.

Melansir Daily News, mengubah cara hidup harus dimulai sedini mungkin, setidaknya usia 65 adalah batasnya. Kondisi jantung saat usia tersebut dikatakan cukup elastis untuk memberikan banyak manfaat.

Olahraga harus dilakukan setidaknya empat hingga lima kali dalam sepekan. Umumnya dalam sesi 30 menit dengan waktu pemanasan dan pendinginan. Tiga kali berolahraga dalam sepekan sebenarnya tidak cukup.

Penemuan ini dilakukan dengan melibatkan 50 perempuan dan pria dalam rentang usia 45 – 64 tahun. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama berpartisipasi dalam latihan kardiovaskular yang diawasi. Kelompok kontrol melakukan latihan yoga dan keseimbangan.

Pada akhir tahun kedua, kesehatan kardiovaskular kelompok kontrol tak mengalami perubahan. Asupan oksigen maksimal lainnya diberikan selama latihan sebesar 18% dan elastisitas ventrikel kiri sebesar 25%.

Berbagai olahraga dalam hal durasi, intensitas, dan aktivitas  itu penting. Lakukan olahraga dengan intensitas tinggi dalam sepekan, setidaknya selama 60 menit. Satu atau dua sesi olahraga ringan selama 30 menit, ditambah satu atau dua olahraga untuk kekuatan.

"Saya pikir orang bisa melakukan ini sebagaimana mereka menjaga kebersihan mereka seperti rajin sikat gigi dan mandi," kata Levine.

Source: Daily News

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait