web analytics
Top banner bank bjb
Ini Kisah LDR Viking Batam dengan Persib Bandung
Oleh Anggun Nindita Kenanga Putri, pada 09 Jan, 2018 | 16:34 WIB
Ini Kisah LDR Viking Batam dengan Persib Bandung
Rombongan Viking Batam saat menyambut kedatangan Persib di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Selasa (9/1/2018). (Istimewa)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Tim Maung Bandung bukan cuma milik masyarakat Jawa Barat saja. Para bobotoh, begitu nama suporter setianya, juga tersebar di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Mulai dari Sumatera bahkan sampai ke wilayah timur Indonesia.

Jangan salah, para bobotoh dari berbagai wilayah ini, jumlahnya juga besar. Para perwakilan bobotoh di distrik wilayah ini seringkali menyambut saat Persib sedang berkunjung ke daerah tempat tinggal mereka.

Bahkan beberapa wilayah sudah memiliki kantor cabangnya sendiri, salah satunya adalah Viking Distik Batam atau Viking Batam (VB).

Sebelum resmi menjadi Viking Batam, awalnya kelompok ini hanyalah sekumpulan anak muda Batam yang doyan olahraga, khususnya olahraga futsal dan sepakbola.

“Dulu kami suka main bola dan futsal sambil ngumpul-ngumpul. Kemudian karena sama-sama suka Persib jadi ada gagasan buat membentuk Viking Distrik Batam,” kata Ridwan Syawali, perwakilan dari Divisi Pemuda dan Olahraga Viking Batam saat dihubungi, Selasa (9/1/2017).

Akhirnya di tahun 2010, dengan mengurus sendiri segala keperluan, dari teknik hingga administrasinya, Ridwan dan kawan-kawan resmi tergabung di dalam Viking Batam. Peresmian Viking Batam langsung dihadiri oleh Ketua Viking Fans Club, Heru Joko pada tanggal 31 Juli 2010.

“Ini juga bertepatan dengan diundangnya Persib Legend ke Batam untuk menghadapi Batam Legend,” ujarnya.

Ketika terbentuk, Viking Batam cuma beranggotakan beberapa orang saja. Namun jelang delapan tahun, anggota Viking Batam sudah mencapai 1.200 orang. Uniknya, anggota Viking Batam juga tidak hanya berasal dari Batam saja.

“Persib 'kan tim dari Jawa Barat, di sini orang Sunda juga banyak. Tapi bukan cuma orang Sunda aja, Viking Batam anggotanya terdiri dari masyarakat keturunan Jawa, Padang, Palembang, Melayu, Batak, dan lain-lain. Pokoknya kita semua sama di sini,” ungkapnya.

Viking Batam memiliki visi misi untuk menjadi basis suporter yang baik dan santun. Mereka ingin mematahkan anggapan suporter sepakbola doyan bikin rusuh dan ugal-ugalan.

“Kami mau jadi suporter yang santun dan jadi barometer suporter sepakbola lainnya, khususnya yang ada di Batam,” ucapnya.

Rasa cinta, bisa saja tumbuh subur meski jarak jauh memisahkan. Iya, ibaratnya memang seperti orang yang sedang melakukan hubungan pacaran jarak jauh atau long distance relationship (LDR)‚Äč. Begitu pula rasa cinta dari Viking Batam pada tim kesayangannya ini.

Meski berada jauh dari Jawa Barat, tapi rasa cinta para anggota Viking Batam pada Persib tidak perlu diragukan lagi. Pakai hati, menurut Ridwan, yang menjadi kunci ia beserta para anggota lainnya tetap loyal mendukung Persib.

“Jauh bukan masalah jarak. Yang pasti rasa cinta dari hati itu yang bikin kami setia dengan Maung Bandung,” paparnya.

Viking Batam juga aktif mengadakan pertemuan dengan suporter sepakbola lainnya yang berada di Pulau Sumatera. Seperti suporter dari PSMS Medan dan suporter PSPS Pekanbaru.

Beberapa agenda juga sudah pernah digelar Viking Batam. Salah satunya adalah mengundang Pas Band, band asal Bandung yang memiliki single “Bobotoh Persib”, dalam acara Sumpad Pemuda yang digelar pada Oktober tahun lalu.

Dengan hadirnya Persib di Batam, Viking Batam siap mengawal setiap kegiatan dari tim kesayangannya itu. Mulai dari keperluan transportasi dan akomodasi. Sampai hadir langsung mendukung di lapangan saat pertandingan persahabatan Persib melawan PS PB Batam.

“Itu yang ditunggu-tunggu, nonton Persib langsung di Stadion Temenggung Abdul Jamal,” lanjutnya.

Memasuki musim yang baru, dengan adanya pelatih juga pemain anyar, Ridwan dan kawan-kawan berharap Persib bisa kembali lagi menjadi salah satu tim yang ditakuti di Indonesia. Melihat skuat bentukan pelatih baru asal Argentina, Mario Gomez, ia mengaku optimis Persib bisa lebih baik penampilannya di musim ini.

“Persib dengan komposisi tim yang baru, kami harap bisa jadi juara dan kembali bawa tropi,” tuturnya.

 

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Middle banner pos
Artikel Terkait