web analytics
Top banner bank bjb
Wow! Harga Van Dijk Lebih Mahal dari Seluruh Pemain Persib
Oleh Arfian Jamul Jawaami, pada 02 Jan, 2018 | 12:15 WIB
Wow! Harga Van Dijk Lebih Mahal dari Seluruh Pemain Persib
Virgil Van Dijk.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Entah apa yang dipikirkan Jurgen Klopp dan Liverpool ketika memutuskan membeli Virgil Van Dijk dari Southampton dengan mahar sebesar 84,5 juta euro atau senilai Rp 1,4 triliun pada transfer window Januari 2018.

Dalam beberapa tahun terakhir, The Kop memang rajin membajak punggawa The Saints. Mulai dari Rickie Lambert, Adam Lallana, Dejan Lovren, Nathaniel Clyne hingga yang terakhir Sadio Mane. Tak ayal publik Inggris menyebut Southampton sebagai akademi sepak bola Liverpool.

Lupakan sebutan akademi tersebut dan mari kembali ke pembahasan. Pembelian Van Dijk memang tergolong fenomenal lantaran pemuda kelahiran Belanda 26 tahun silam tersebut berposisi sebagai bek tengah. Tentu harga Rp 1,4 triliun dianggap terlalu mahal untuk seorang pemain bertahan.

Harga tersebut menjadikan Van Dijk sebagai bek termahal dunia yang sebelumnya dipegang oleh Benjamin Mendy dan John Stones milik Manchester City. Selain itu, kini Van Dijk resmi memiliki predikat sebagai pemain Belanda dan Liverpool termahal sepanjang sejarah.

Pertanyaannya, apakah Liverpool benar-benar membutuhkan seorang pemain bertahan? Jika melihat sepang terjang The Red dalam setengah musim perjalanan Liga Inggris, maka Liverpool menyandang predikat sebagai tim paling banyak kemasukan diantara penghuni empat besar klasemen dengan 24 gol.

Sementara pasukan penyerang yang diisi oleh trio Sadio Mane, Mohamed Salah dan Roberto Firmino mampu menyumbangkan 48 gol sehingga menempatkan Liverpool sebagai tim tersubur kedua setelah The Citizen.

Terlepas dari segala kontroversi tersebut, ayobandung melihat dari sisi lain dan merangkum hal apa saja yang dapat dilakukan Liverpool dengan uang senilai Rp 1,4 triliun. Berikut daftarnya.

1. Membiayai Skuat Persib dan Leicester City
Bersama Bali United, Persib Bandung menjadi klub sepak bola di Indonesia dengan skuat pemain termahal. Menurut Transfermarkt, harga seluruh pemain Persib senilai dengan Rp 63,3 miliar. Penyerang asal Chad Ezechiel N'Douassel serta eks Chelsea Michael Essien jadi yang termahal dengan masing-masing seharga Rp 1,1 miliar dan Rp 790 juta.
Namun ternyata harga Van Dijk lebih mahal dari seluruh penggawa Maung Bandung. Bahkan harga Van Dijk lebih mahal dari seluruh pemain Leicester City saat berhasil menjadi juara Liga Inggris tahun 2016 silam dengan 72 juta euro. The Foxes memang hadir layaknya dongeng di tengah ingar bingar industri sepak bola modern.

2. Membangun Jembatan Pelangi Antapani dan Skywalk Cihampelas
Apabila di total maka biaya pembangunan Jembatan Pelangi Antapani, Skywalk Cihampelas dan Bandung Command Center hanya bernilai Rp 112 miliar. Terpaut sangat jauh jika dibandingkan dengan mahar yang harus ditebus Liverpool untuk membawa Van Dijk ke Stadion Anfield.  

Seperti diberitakan ayobandung sebelumnya, Pemerintah Kota Bandung meski mengeluarkan dana sebesar Rp 33,5 miliar untuk pembangunan Jembatan Pelangi Antapani, Rp 30 miliar untuk Bandung Command Center dan Rp 48 miliar untuk Skywalk Cihampelas.

Padahal, baik Jembatan Pelangi maupun Skywalk Cihampelas merupakan megaproyek dan simbol keberhasilan dari pembangunan infrastruktur Kota Bandung di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil. Memiliki panjang 450 meter, Skywalk Cihampelas ditopang oleh 44 pondasi berharga Rp 1,09 miliar untuk setiap tiang.

3. Membeli Galatasaray dan Santos
Bersama Fenerbahce dan Besiktas, Galatasaray menjadi salah satu klub terbesar sepanjang sejarah Super Lig Turkey. Memiliki basis suporter besar di Istanbul dan menempatkan Turk Telekom Arena sebagai stadion paling berisik seantero bumi.

Urusan pemain tidak kalah mentereng. Sejumlah pemain kelas dunia seperti Wesley Sneijder dan Hamit Altıntop masih tercatat sebagai bagian dari skuat Singa Avrupa Fatihi. Sementara Santos merupakan klub terbesar Brasil yang menjadi tempat lahirnya mega bintang seperti Neymar, Robinho hingga Pele.

Namun, baik Galatasaray maupun Santos ternyata memiliki harga jual yang lebih rendah dari transfer Van Dijk ke Liverpool. Transfermarkt mencatat bahwa nilai Galatasaray tidak lebih dari 84,60 juta euro dan 50,80 juta euro untuk Santos.

Bahkan dengan mahar Van Dijk, Liverpool sebenarnya dapat membeli pesaing Santos yakni Sao Paulo dengan harga 70,78 juta euro. Selain itu, The Reds juga dapat membeli klub terbesar Liga Belgia, Standard Liege yang hanya bernilai sebesar 51,95 juta euro. 
 

Editor: Andres Fatubun

Middle banner pos
Artikel Terkait