web analytics
Top banner bank bjb
Yuk, Jalan-jalan Bareng Keluargamu ke Curug Pelangi
Oleh Fajar Sukma, pada 01 Jan, 2018 | 14:15 WIB
Yuk, Jalan-jalan Bareng Keluargamu ke Curug Pelangi
Sejumlah pelancong bersantai sembari menikmati air terjun dari view deck di Curug Pelangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. (AyoBandung/Fajar Sukma)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Dalam momen liburan tahun baru 2018, wana wisata Curug Pelangi atau Curug Cimahi jadi destinasi pilihan banyak pelancong. Tapi ada yang berbeda kali ini. Jika biasanya curug setinggi 87 meter ini dipenuhi oleh pelancong muda, dalam liburan sekarang tampaknya curug ini jadi destinasi spesial untuk liburan keluarga.

Salah seorang pengunjung, Imas Kosasih (27), yang datang bersama keluarganya, mengaku jika dirinya mencari kesegaran alam di Curug Cimahi. “Di pusat kota itu sudah sumpek. Kami sekeluarga pengin liburan sambil cari ketenangan,” ujarnya kepada ayobandung, Senin (1/1/2018).

Selain murah, Curug Cimahi juga punya keistimewaan lain. Yakni, curugnya yang bisa menyala ketika malam. Hal itulah yang paling dinanti Imas untuk berswafoto bareng keluarga malam nanti. “Kalau tidak hujan, rencananya kami akan bertahan sampai malam. Sebab, pengin dapat foto air terjunnya yang lagi menyala,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Administratur Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin mengatakan jika jumlah pengunjung yang bertandang ke Curug Pelangi selama masa liburan ini mencapai 1.300 orang per harinya. Selain lokasinya yang terbilang strategis, Curug Pelangi ini juga menawarkan keelokan alam berupa jatuhan air dari ketinggian.

Komarudin mengimbau pada para pengunjung agar berhati-hati saat menuruni anak tangga menuju titik curug. Sebab, tangga itu akan licin jika turun hujan.

Dengan lokasinya yang berada di atas ketinggian 1.050 Mdpl, curug ini menawarkan kesejukan dan kesegaran pada setiap pengunjung. Di sini disediakan pula view deck khusus bagi pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati jatuhan air Curug Cimahi. “Biasanya para pengunjung betah berlama-lama di view deck,” kata Komarudin.

Derasnya jatuhan air yang berubah warna pada malam hari layak disebut pelangi. Itu terjadi akibat pembiasan dari cahaya lampu. Tak heran jika curug ini juga lambat laun dikenal dengan sebutan Curug Pelangi atau Rainbow Waterfall Bandung.

Curug Pelangi berlokasi di Kecamatan Cisaruan, Kabupaten Bandung Barat. Ada beberapa jalur untuk mencapai lokasi ini. Buat kamu yang datang dari arah Cimahi, kamu bisa gunakan Jalan Kolonel Masturi. Tapi buat kamu yang datang dari Bandung, pergilah ke kawasan Ledeng dan lewati Jalan Sersan Bajuri-Parongpong. Tenang saja, petunjuk arah menuju Curug Cimahi ada di mana-mana, kok.

Editor: Asri Wuni Wulandari

Middle banner pos
Artikel Terkait